Antirepot, Begini Langkah Mudah Memasang Keramik Sendiri di Rumah

Sabtu, 30 Oktober 2021 - 13:52 WIB
loading...
Antirepot, Begini Langkah Mudah Memasang Keramik Sendiri di Rumah
Foto Freepik
A A A
JAKARTA - Keramik merupakan pilihan populer untuk lantai hunian. Material bangunan yang terbuat dari koalin, rijang, dan felspar ini memang membuat hunian lebih bersih, nyaman, dan terlihat mewah.

Keramik dapat diaplikasikan di hampir seluruh ruangan, baik interior maupun eksterior. Teras, ruang tamu, ruang keluarga, dapur hingga kamar mandi akan lebih mantap bila dilapisi keramik, apalagi bila Anda bisa mengapliaksikan warna dan corak yang tepat sesuai kebutuhan ruangan.

Kalau Anda berniat menantang diri sendiri untuk mengganti jenis, warna, atau corak keramik, dengan memasang sendiri di rumah tanpa adanya campur tangan tukang dengan hasil yang mengesankan, ternyata caranya mudah kok.

Anda hanya perlu memahami tata cara bagaimana mengaplikasikan keramik dengan benar. Anda siap? Ikuti cara berikut ini

1. Menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan
Pertama yang dibutuhkan adalah alat dan bahannya seperti, adonan khusus keramik, papan applicator, nat keramik serta pemotong keramik. Untuk adonan perekat keramik, Mortar Indonesia tipe K-1 Perekat Keramik merupakan solusi palin menarik dan simpel.
Antirepot, Begini Langkah Mudah Memasang Keramik Sendiri di Rumah


2. Ukur Luas Lantai Ruangan
Tahap selanjutnya dalam cara memasang keramik ini dimulai dengan mengukur lantai ruangan. Gunakan meteran aluminimum yang dapat digulung. Tentukan luasan area yang akan dilapisi keramik. Jangan lupa siapkan pinsil atau spidol untuk mencatat atau menggurat titik-titik tertentu.

3. Perhatikan Kualitas Keramik
Kualitas keramik juga penting ya. Termasuk dalam hal ini adalah warna dan corak. Anda harus mencari jenis keramik yang kuat dan tidak mudah pecah. Tentu hal ini berkait dengan kualitas dan harga. Di pasaran banyak dijual bermacam jenis keramik berdasarkan harga dan kualitas.

4. Pahami Teknik Memasang Keramik Sendiri
Seperti pekerjaan lain, memasang keramik juga ada tekniknya. Pelajari, pahami dan gunakan teknik yang paling tepat supaya mempemudah proses pemaasangan keramik. Sebab kita juga harus mengetahui apakah keramik dapat dipasang secara utuh. Setelah keramik dipercobakan instalasinya pada lantai rumah, Anda perlu merendam keramik terlebih dahulu sebelum direkatkan menggunakan perekat ke lantai.

5. Mortar yang Tepat Adalah Kunci
Supaya keramik tidak retak, patah atau hal-hal lainnya yang mengurangi kekuatan optimal keramik, memilih perekat keramik merupakan salah stau kunci bagaimana keramik tahan lama. Anda juga harus menggunakan mortar yang diformulasikan khusus sebagai perekat keramik. Untuk urusan ini, sekali lagi Mortar Indonesia tipe K-1 Perekat Keramik sangat direkomendasikan. Selain itu Anda juga bisa menggunakan produk Mortar Indonesia Perekat Granit (K-2) karena tak memerlukan chipping pada permukaan dinding maupun lantai. Hal penting yang perlu diketahui kualitas adukan dengan mortar tidak cepat kering saat diaplikasikan. Dan yang pasti akan terhindar dari popping pada keramik. Selamat bekerja! CM

Antirepot, Begini Langkah Mudah Memasang Keramik Sendiri di Rumah
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8169 seconds (0.1#10.140)