Pentingnya Variasi Sumber Gizi sebagai Penentu Perkembangan Anak

Minggu, 28 November 2021 - 00:41 WIB
loading...
A A A
"1.000 hari pertama kehidupan anak (1.000 HPK), yaitu masa sejak anak dalam kandungan hingga berusia dua tahun adalah periode emas, penentu kecerdasan dan masa tumbuh kembang anak. Perkembangan anak tidak hanya perubahan pada fisik, tapi juga emosional, pikiran, dan linguistik anak yang terjadi sejak si kecil lahir hingga awal masa dewasanya nanti," tutur dr.Satrio.

Dia juga menekankan pentingnya peran orang tua dalam memerhatikan gizi anak pada periode ini. Pasalnya, kekurangan gizi pada periode emas tersebut tidak dapat diperbaiki di masa kehidupan selanjutnya.

Pembicara lainnya dalam Health Talk ini, pakar bioteknologi makanan dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr.-Ing. Dase Hunaefi, S.T.P., M. Food.ST, mengungkapkan, makanan sehat adalah makanan yang memiliki gizi seimbang dengan sumber protein, lemak sehat, sumber vitamin dan mineral.

"Untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, ikan tilapia adalah makanan yang cocok untuk diandalkan sebagai sumber protein. Sebab ikan mengandung asam lemak esensial dan protein yang tinggi," terang Dr.-Ing. Dase.

Baca juga: Ditanya tentang Kualitas Seorang Miss World? Begini Jawaban Carla Yules

"Terlebih pada bayi usia lebih dari 6 bulan atau pada masa MPASI, ikan tilapia aman dikonsumsi dan memenuhi syarat lainnya, yaitu bebas hormon pertumbuhan, bebas obat penggemuk, tidak menggunakan antibiotik dan pastinya mudah diolah," katanya lagi.
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4476 seconds (0.1#10.140)