4 Kebiasaan Buruk saat Muda yang Menyebabkan Sakit Kolesterol di Hari Tua

Kamis, 27 Januari 2022 - 17:15 WIB
loading...
A A A
Beberapa kondisi medis yang paling sering dialami adalah diabetes, pradiabetes, resistensi insulin, atau sindrom metabolik, kegemukan, hipotiroidisme, penyakit ginjal.

Dalam kebanyakan kasus, mengatasi kondisi medis yang mendasari ini akan membawa kadar kolesterol seseorang kembali ke tingkat yang sehat.

3. Pengaruh Obat-obatan

Beberapa obat yang kerap dipakai untuk kondisi medis lain juga dapat menyebabkan sedikit peningkatan pada kadar kolesterol LDL.

Ini termasuk obat-obatan seperti diuretik thiazide, yang digunakan untuk menghilangkan kelebihan cairan dari tubuh, pil KB, antidepresan, dan obat-obatan HIV tertentu. Dalam beberapa kasus, elevasi ini hanya bersifat sementara.

4. Telah Mengembangkan Kebiasaan Buruk Tertentu

Terdapat beberapa hal lain yang mungkin sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari yang dapat menyebabkan kadar kolesterol menjadi tinggi.

Faktor gaya hidup tertentu yang dapat memengaruhi kadar kolesterol seseorang meliputi, tinggal atau bekerja di lingkungan dengan tingkat stres yang tinggi. Lalu, tidak cukup berolahraga, merokok, dan kurang tidur.

Kebiasaan gaya hidup ini dapat menyebabkan kadar kolesterol LDL meningkat sampai tingkat tertentu, dan dalam beberapa kasus juga menurunkan kolesterol HDL.

Baca juga: Benarkah Vaksin Booster Tidak Gratis buat yang Tak Punya Kartu BPJS?
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1613 seconds (0.1#10.140)