Covid-19 Disebut Berdampak Buruk pada Sistem Saraf dan Gangguan Mental

Kamis, 03 Februari 2022 - 10:52 WIB
loading...
Covid-19 Disebut Berdampak Buruk pada Sistem Saraf dan Gangguan Mental
Salah satu dampak buruk dari Covid-19 yang ditemukan adalah dampak infeksi terhadap sistem saraf dan gangguan mental. / Foto: ilustrasi/unicef
A A A
JAKARTA - Peneliti terus mempelajari dampak negatif akibat infeksi Covid-19 . Salah satu yang diketemukan adalah dampak infeksi terhadap sistem saraf dan gangguan mental.

Dokter spesialis penyakit dalam dan khususnya masalah psikosomatis, dr Andi Khomeini Takdir, SpPD-KPsi, menyebutkan bahwa dampak infeksi Covid-19 terhadap sistem saraf dan gangguan mental sudah dibuka oleh banyak peneliti.

"Sejak awal cuma ngasih kode tipis-tipis. Enggak mau bikin keriweuhan ekstra," ungkapnya dalam cuitan di Twitter yang dibagikan Rabu, 2 Februari 2022.

Baca juga: Kasus Omicron Terus Meningkat, Menkes Kembali Ingatkan Disiplin Prokes

Dalam kicauan itu, dr Andi juga memaparkan beberapa dampak buruk Covid-19 terhadap sistem saraf dan gangguan mental, seperti pasien susah tidur, pasien depresi, pasien halusinasi, pasien jadi agak oon, pasien pelupa, dan sebagainya.

Sontak kicauan itu pun menyita perhatian netizen. Sejak disebarkan di Twitter pada pukul 8 malam, postingan itu sudah disukai nyaris 17 ribu kali dan dibagikan ulang 4,6 ribuan.

Sejumlah netizen yang tampaknya penyintas Covid-19 pun banyak yang menceritakan pengalaman hidupnya terkait dengan dampak Covid-19 terhadap sistem saraf dan gangguan mental.

"Termasuk sulit ingat mau nyebutin kata gitu enggak sih? Sekarang kayak makin susah buat nyebut padanan kata atau nama tempat, lokasi, dan sebagainya, padahal tahu tapi pas mau nyebutin pasti enggak ingat. Jadi, kalau lagi ngobrol pasti 'apa tuh yang itu tuh apa namanya?'. Jadi berasa seumuran mamah," komentar seorang warganet.

Baca juga: Positif Covid-19, Radhini Aprilya: Buat yang Aman, Prokes Kencengin Lagi Gengs

"Benar dok, 1-2 bulan pasca rawat inap karena Covid-19 jadi rasa lemot, susah tidur. Bisa tidur rata-rata jam 2 malam, kadang-kadang deg-degan yang munculnya tiba-tiba," curhat netizen lainnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3452 seconds (0.1#10.140)