Mengenal 4 Fungsi Rangka Manusia dan Bagian-Bagiannya

Jum'at, 04 Februari 2022 - 16:07 WIB
loading...
A A A
Selain itu, tulang rangka juga sangat berperan untuk menyangga tubuh manusia agar dapat duduk, berdiri tegak, dan sebagainya.

3. Menyimpan Mineral

Fungsi rangka dalam tubuh manusia yang ketiga adalah menyimpan mineral. Pada dasarnya, sistem rangka dalam tubuh manusia memiliki dua mineral penting yaitu fosfor dan kalsium. Fosfor dan kalsium sangat berguna bagi sel darah agar bisa berfungsi dengan baik, terutama pada otot dan sel saraf.

Kekurangan kadar fosfor dan kalsium dalam tubuh manusia akan membuat hormon paratiroid mengatur dengan mengambilnya dari tulang untuk menutupi kekurangan tersebut.

Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku jika cadangan fosfor dan kalsium dalam tubuh sudah menipis karena terlalu sering digunakan. Akibatnya adalah tulang akan jadi keropos dan bisa mengalami patah tulang.

4. Menunjang Pergerakan Tubuh

Fungsi rangka dalam tubuh manusia yang terakhir adalah untuk menunjang pergerakan tubuh. Tulang dalam tubuh manusia memiliki fungsi membantu pergerakan tubuh bersama dengan ligamen, sendi, dan otot. Fungsi tersebut akan membuat tubuh manusia menjalani kegiatan sehari-hari seperti berlari, duduk, atau menulis tanpa ada halangan apa pun.

Sebuah sistem rangka yang baik akan membuat manusia nyaman bergerak tanpa hambatan dan bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan optimal.

Bagian-Bagian Rangka Manusia

Rangka pada tubuh manusia memiliki bagian-bagian tersendiri yang saling berhubungan. Bagian utama pada sistem rangka manusia adalah tulang. Tulang memiliki 3 lapisan utama dan komponen lain sebagai bagian dari sistem rangka dalam tubuh manusia, yaitu:
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0867 seconds (0.1#10.140)