5 Penyebab Berat Badan Naik Meski Puasa Ramadhan, Nomor 4 Merangsang Otak Terus Makan

Selasa, 19 April 2022 - 09:52 WIB
loading...
A A A
2. Tidak Makan Secukupnya

Apa artinya? Ahli Gizi Leslie Langevin menjelaskan bahwa jika Anda terlalu sedikit makan di hari ini, itu akan membahayakan diri Anda di esok hari. Sebab, tubuh Anda secara otomatis akan meminta lebih di hari berikutnya. Ketidakkonsistenan ini menyebabkan berat badan naik.

"Jika Senin Anda makan sedikit, maka secara otomatis tubuh di Selasa akan meminta lebih untuk mengisi kekurangan hari kemarin. Ini tidak konsisten dan merusak siklus tubuh dan memengaruhi kenaikan berat badan," ungkap Langevin.

3. Terlalu Sedikit Asupan Protein

Asupan protein amat penting saat berpuasa, karena bisa mencegah rasa lapar. Ketika saat sahur protein yang dikonsumsi sedikit, ini menyebabkan Anda merasa teramat lapar dan 'balas dendam' di saat buka puasa.

4. Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Makan atau minum sesuatu yang manis secara berlebihan mempercepat kenaikan berat badan. "Ketika insulin tinggi karena asupan gula berlebih, itu membuat tubuh menyimpan lemak yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan," terang dr Jason Fung, dokter spesialis ginjal.

Ada catatan penting, ketika Anda makan atau minum sesuatu yang manis, itu merangsang otak untuk terus mengonsumsinya. Makanya, saat Anda buka dengan es buah misalnya, ada perasaan tidak mau berhenti untuk memakannya kan?

5. Olahraga Jangan Dijadikan Alasan Makan Banyak

Berpuasa dan tetap berolahraga adalah hal yang baik. Tapi, jangan kemudian olahraga yang melelahkan tersebut jadi alasan Anda bisa makan banyak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2229 seconds (0.1#10.140)