Ini Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh Menurut Medis

Selasa, 31 Mei 2022 - 15:03 WIB
loading...
A A A
4. Mengurangi Risiko Kanker

Puasa dapat mengurangi risiko terkena kanker karena saat puasa laju pembelahan sel dalam tubuh berkurang, seiring faktor pertumbuhan yang menurun akibat terbatasnya asupan.

"Hasil penelitian University of Southern California, menemukan bahwa berpuasa bisa membantu memperlambat pertumbuhan dan penyebaran tumor. Jika dibarengi dengan pengobatan dan kemoterapi, puasa juga diprediksi bisa menyembuhkan jenis kanker tertentu," jelas Dokter Jati.

5. Memperbaiki Gula Darah

Bagi yang mengidap diabetes, berpuasa dapat memperbaiki gula darah, membantu mengurangi resistensi terhadap insulin, serta kadar gula darah berlebih. Hal ini bisa terjadi karena insulin membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh dengan cara membawa gula menuju sel tubuh dan menjadikannya sebagai sumber energi.

6. Mengurangi Lemak Tubuh

Puasa dapat mengurangi lemak tubuh sehingga terhindar risiko penyakit tertentu, seperti hipertensi, stroke, serta penyakit jantung. Dengan berpuasa, hal ini membantu meredakan asupan kalori dan mendorong tubuh untuk membakar lemak berlebih.

7. Membantu Menghentikan Kebiasaan Merokok

Bagi perokok, cukup sulit untuk menghentikan kebiasaan merokok. Namun puasa dapat membantu menghentikan kebiasaan merokok. Selama berpuasa, muslim dilarang makan dan minum, termasuk merokok.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Indonesia Melandai, Epidemiolog Sarankan Vaksin Booster Harus Tetap Diterima
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2417 seconds (0.1#10.140)