Sering Mual saat Haid? Ini Penyebab dan Cara Mengatasi

Jum'at, 01 Juli 2022 - 14:52 WIB
loading...
A A A
Gejala dapat berlanjut ketika menstruasi dimulai. Namun, ada kalanya masalah kesehatan tersebut hilang setelah beberapa hari. Kondisi ini mungkin terjadi akibat perubahan hormon saat siklus menstruasi yang bisa melibatkan nyeri haid. Akibatnya, gejala mual pun terjadi.

3. Premenstrual dysphoric disorder (PMDD)

Premenstrual dysphoric disorder (PMDD) adalah jenis PMS yang lebih parah. Artinya, gejala kondisi ini mirip dengan tingkatan yang lebih serius hingga mengganggu aktivitas harian Anda.

Mirip PMS, PMDD terjadi karena perubahan hormon selama siklus menstruasi. Namun, perubahan hormon pada PMDD bisa memicu penurunan kadar serotonin. Ini bisa menyebabkan perubahan emosional yang tidak menentu.Mengingat gejalanya mirip dengan PMS, PMDD bisa memicu rasa mual saat haid pada beberapa wanita.

4. Endometriosis

Masalah kesehatan lainnya yang bisa jadi penyebab mual saat menstruasi yaitu endometriosis. Penyakit ini terjadi akibat pertumbuhan jaringan yang mirip dengan lapisan rahim di tempat lain di tubuh.

Jaringan yang disebut endometrium ini bisa berubah sepanjang bulan. Bahkan, endometrium terkadang memicu peradangan ketika wanita memasuki siklus haid.

Menurut Endometriosis Foundation of America, sekitar 200 juta wanita di seluruh dunia menderita penyakit ini. Jadi, ada kemungkinan beberapa dari mereka mengalami rasa mual saat haid akibat endometriosis.

5. Penyakit radang panggul

Penyakit radang panggul merupakan infeksi pada saluran reproduksi bagian atas. Kondisi ini bisa terjadi akibat infeksi menular seksual pada vagina yang menyebar ke rahim, ovarium, atau saluran tuba.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1567 seconds (0.1#10.140)