Sering Mual saat Haid? Ini Penyebab dan Cara Mengatasi

Jum'at, 01 Juli 2022 - 14:52 WIB
loading...
A A A
2. Minum obat anti-mual

Jika obat NSAID tidak berhasil, Anda bisa mengonsumsi obat antimual. Obat-obatan yang juga dikenal dengan nama antiemetik ini meliputi bismut subsalisat dan antihistamin.

Bismut subsalisilat bekerja dengan melindungi lapisan perut. Sementara itu, antihistamin bisa menumpulkan kemampuan telinga bagian dalam untuk merasakan getaran. Ini bertujuan memblokir pesan ke bagian otak yang mengontrol mual dan mutah.

Jika rasa mualnya lebih parah, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan resep obat antimual yang lebih kuat.
Artikel Lainnya: Ini Pertolongan Pertama untuk Atasi Mual dan Muntah

3. Pakai kontrasepsi oral

Kontrasepsi oral seperti pil KB ternyata bisa jadi alternatif cara mengatasi mual saat haid. Pasalnya, obat untuk mencegah kehamilan ini berfungsi mengendalikan perubahan hormon selama siklus haid. Ini juga bisa membantu meredakan gejala emosional dan fisik, seperti mual.Bahkan, pil KB biasa digunakan untuk mengatasi siklus menstruasi yang menyakitkan, endometriosis, hingga PMS.

Baca Juga: Penyebab Haid Tidak Teratur yang Perlu Diwaspadai

4. Coba pengobatan rumahan

Guna mendukung obat-obatan untuk meredakan mual saat haid, Anda bisa mencoba pengobatan rumahan. Berikut ini beberapa cara alami mengatasi mual saat menstruasi.

1. Minum teh jahe untuk mengatur prostaglandin di tubuh.
2. Makan permen peppermint yang bisa mengurang prostaglandin.
3. Konsumsi kapsul atau teh adas yang bisa meredakan rasa sakit dan mual saat haid.
4. Manfaatkan kayu manis untuk menekan prostaglandin berkat kandungan eugenolnya.
5. Coba makanan hambar, seperti pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang.
6. Melatih pernapasan untuk mengendurkan otot dan mengurangi rasa mual.

Bila cara mengatasi rasa mual saat menstruasi di atas tidak berhasil, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan pengobatan yang tepat sesuai dengan penyebabnya.
Ingin tahu lebih lanjut mengenai penyebab dan cara mengatasi mual saat haid? Download aplikasi KlikDokter! Anda juga bisa konsultasi kepada dokter via Live Chat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1417 seconds (0.1#10.140)