5 Manfaat Biji Chia untuk Kesehatan, Termasuk Kontrol Gula Darah

Selasa, 19 Juli 2022 - 06:30 WIB
loading...
5 Manfaat Biji Chia untuk Kesehatan, Termasuk Kontrol Gula Darah
Ada banyak jenis biji-bijian yang memiliki beberapa manfaat di dalamnya, termasuk chia. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Ada banyak jenis biji-bijian yang memiliki beberapa manfaat di dalamnya, termasuk chia. Bijian tersebut berasal dari famili Salvia Hispanica, yaitu masih satu kerabat dengan daun mint. Biji ini memiliki bentuk oval dan berwarna abu-abu kehitaman dengan beberapa titik putih.

Ketika direndam dalam cairan, biji chia yang bersifat higroskopik mampu menyerap cairan hingga 12 kali beratnya dan membentuk lapisan lendir. Lapisan inilah yang memberikan tekstur gel pada makanan dan minuman yang mengandung biji chia.

Tak hanya itu, biji chia juga memiliki sejumlah manfaat, khususnya untuk kesehatan tubuh. Dilansir dari laman Healthline, berikut lima manfaatnya.



1. Mencegah Penuaan Dini

Minyak biji chia merupakan bahan yang populer dalam produk perawatan kulit karena kandungan asam lemaknya yang tinggi. Minyak ini kaya omega-3 dalam bentuk asam alfa-linolenat (ALA), omega-6, dan lemak sehat lain dalam jumlah yang lebih kecil, seperti asam oleat dan asam stearat.

Karena itu, minyak dari biji chia dapat melindungi kulit dari sinar UV, serta mencegah munculnya penuaan dini.

2. Mengatasi Kulit Kering

Kulit yang sehat dan terhidrasi memiliki lapisan lipid (lemak). Ini berfungsi untuk membantu menjaga kelembaban. Namun, jika lapisan tersebut rusak, kelembaban dapat menyebabkan kekeringan.

Minyak biji chia kaya asam lemak omega-3 ALA, dan asam linoleat asam lemak omega-6. Kedua lemak sehat ini telah terbukti membantu mengembalikan penghalang kelembaban kulit, terutama bagi mereka yang memiliki kondisi kulit kering, seperti dermatitis atopik dan psoriasis.



3. Meningkatkan Kesehatan Jantung


Minyak biji chia juga baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Di dalamnya kaya akan ALA, lemak omega-3 nabati yang tidak dibuat oleh tubuh Anda dan harus diperoleh melalui makanan. Oleh karenanya kandungan tersebut baik untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda, serta kesehatan lain.

4. Menjaga Berat Badan Ideal

Apabila Anda sedang menurunkan berat badan, maka dianjurkan mengonsumsi biji chia. Hal ini karena di dalamnya terdapat kandungan protein yang cukup melimpah.

Selain itu, asupan protein yang tinggi ke dalam tubuh membantu mengurangi nafsu makan dan keinginan untuk mengonsumsi makanan ringan di luar jam makan.

5. Mengontrol Kadar Gula

Lonjakan kadar gula darah tinggi bisa menjadi faktor risiko diabetes tipe 2 yang perlu diwaspadai. Ternyata mengonsumsi biji chia bisa mengontrol dan membantu menurunkannya, sehingga dianjurkan bagi seseorang yang menderita penyakit tersebut.

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa biji chia dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, sehingga bisa membantu mengontrol dan menstabilkan kadar gula darah setelah makan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1948 seconds (0.1#10.140)