Cara Menurunkan Kolesterol dengan Propolis, Patut Dicoba

Selasa, 02 Agustus 2022 - 08:27 WIB
loading...
A A A
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan peningkatan propolis pada senyawa propolis dan oncom, kadar kolesterol pada ayam akan turun. Hal ini disebabkan oleh kemampuan propolis dalam mencegah biosintesis kolesterol.

"Terjadi proses penghambatan propolis dengan HMG-KoA reductase yang merupakan enzim kunci dalam pembentukan kolesterol dalam tubuh," terang laporan studi yang diterbitkan di laman resmi IPB.

Menjadi pertanyaan sekarang, berapa banyak propolis yang dibutuhkan tubuh manusia untuk mendapatkan manfaat turunnya kolesterol yang bisa sebabkan penyakit jantung?

Sejatinya tidak ada dosis ideal yang direkomendasikan untuk menurunkan kolesterol dengan propolis. Terlebih, belum banyak studi terkait hal ini yang dilakukan pada manusia.

Tapi, ada anjuran bahwa konsumsi 100 mg/kg atau sekitar 6 gram propolis per hari dirasa cukup untuk menurunkan kolesterol. Takaran ini bisa dipakai untuk 3 bulan ke depan dan kemudian tes kolesterol ulang setelahnya.

"Jika kadar kolesterol tidak turun, maka waktunya menaikkan dosis sebanyak 1 gram dan uji kolesterol lagi dalam 3 bulan," saran Angela van Alten, ahli nutrisi.

Baca juga: Cara Menurunkan Kolesterol Jahat Tanpa Obat, Cepat dan Aman

Pertimbangkan juga untuk mengonsumsi suplemen tambahan bersamaan dengan propolis untuk memastikan kesehatan jantung. Suplemen itu antara lain vitamin C yang cukup, sytrinol, koenzim Q10, minyak ikan kaya omega 3, dan royal jelly.
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1127 seconds (0.1#10.140)