HUT ke-77 RI Semarak di Keakwa Papua, Ada Festival Perahu hingga Dokter Terbang

Senin, 15 Agustus 2022 - 16:00 WIB
loading...
HUT ke-77 RI Semarak di Keakwa Papua, Ada Festival Perahu hingga Dokter Terbang
Untuk memeriahkan perayaan hari kemerdekaan Indonesia, di Keakwa yang merupakan kawasan pesisir sekaligus destinasi wisata baru di Timika, Kabupaten Mimika, Papua, akan digelar sejumlah acara yang bisa menjadi daya tarik turis. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Perayaan HUT ke-77 RI akan semarak di Timika, Papua. Ya, untuk memeriahkan perayaan hari kemerdekaan Indonesia, di Keakwa yang merupakan kawasan pesisir sekaligus destinasi wisata baru di Timika, Kabupaten Mimika, Papua, akan digelar sejumlah acara yang bisa menjadi daya tarik turis.

Ketua Yayasan Somatua Maximus Tipagau yang juga mengelola kawasan wisata Keakwa menjelaskan, perayaan HUT Kemerdekaan RI pada Rabu (17/8/2022) mendatang akan terasa spesial. Sebab, di Keakwa bakal ada beragam lomba yang menjadi pesta rakyat.

"Ada lomba voli, festival tari Seka, dan festival perahu. Nantinya ini akan menjadi pesta rakyat dan bisa dihadiri wisatawan," kata Maximus melalui keterangan tertulis, Senin (15/8/2022).

"Freeport, Pemda Mimika, TNI, dan Polri Mimika ikut mendukung acara ini. Kami harap acara ini juga menjadi salah satu promosi pariwisata di Mimika," tambahnya.

Maximus Tipagau mengungkapkan, ada dua distrik yang bakal memeriahkan acara bertema Semarak Kemerdekaan di Keakwa itu. Kedua distrik tersebut adalah Kokonaw dan Timika Baru dengan total delapan kampung.

Selain berbagai lomba dengan hadiah yang menarik, ada satu lagi kegiatan yang berbeda di Keakwa pada hari kemerdekaan nanti. Kegiatan itu bernama Dokter Terbang.

"Jadi, Yayasan Somatua akan bekerja sama dengan dokter-dokter di Timika. Sekitar empat dokter akan datang untuk memberikan pelayanan kesehatan, penyuluhan gizi, serta pengobatan gratis," terang Maximus.

"Masyarakat di sekitar bisa berobat dan bahkan melakukan tindakan operasi jika memungkinkan," sambungnya.

Maximus sebelumnya pernah melakukan kegiatan Dokter Terbang di wilayah pegunungan Intan Jaya. Ia menerbangkan beberapa dokter ke kawasan yang sulit dijangkau.

"Yayasan Somatua biasanya menghadirkan Dokter Terbang di kawasan pegunungan. Tapi, kini kami lakukan di pesisir. Harapannya tentu adalah membuat kualitas hidup masyarakat menjadi lebih baik," kata Maximus.

Keakwa bisa ditempuh dari Pelabuhan Pomako, Timika, dengan menggunakan perahu selama sekitar satu jam. Ada fasilitas penunjang pariwisata di sana seperti 15 homestay, tempat makan, dan ketersediaan air bersih.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3608 seconds (0.1#10.140)