Ke Lombok, Pastikan Menikmati Keindahan Desa Wisata Senaru Nan Memesona

Selasa, 16 Agustus 2022 - 12:18 WIB
loading...
A A A
“Ada kurang lebih 230 hektar lahan yang ada di desa Senaru ditanami kopi dan coklat. Semenjak Covid-19 kemarin banyak masyarakat akhirnya setiap rumah membuat sendiri,” ucapnya.

Namun sekarang, kata Akri Buana agar memiliki jual nilai tinggi biji kopi dijemur kemudian disangrai dicampur dengan beras, jika sudah terdengar gemericik berarti sudah matang dan siap untuk ditumbuk, kemudian dikemas supaya menarik.

Selain kopi, ada buah tangan yang bisa dijadikan oleh-oleh yaitu kain tenun Lombok yang bisa menjadi obat rindu Desa Wisata Senaru. Sudah bukan rahasia lagi jika Lombok terkenal dengan kain tenunnya yang indah dan sarat dengan makna, begitu juga dengan Desa Wisata Senaru yang memiliki kain tenun khas yakni tenun bayan.

Ke Lombok, Pastikan Menikmati Keindahan Desa Wisata Senaru Nan Memesona


Menurut Denda Junita Perajin Tenun Senaru, kain tenun Bayan biasanya digunakan untuk acara adat dan ritual keagamaan, saat ini sudah menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Kain tenun besar dengan ukuran 2 X 50 cm yang dibuat dengan waktu dua minggu. Harga yang ditawarkan untuk selembar kain tenun berkisar antara Rp400 ribu dan yang kecil Rp240 ribu. Tidak hanya untuk baju, tapi kain tenun ini juga bisa dibuat tas.

Setelah oleh-oleh ditangan, Sobat dapat mencicipi kuliner khas Senaru untuk memanjakan lidah dan mengenyangkan perut dengan mencicipi sayur gedang kelak santen yaitu makanan yang terbuat dari pepaya dicampur santan dengan lauk serbuk manuk yang terbuat dari ayam yang dibakar kemudian ditaburi parutan kelapa. Biasanya hidangan seperti itu disajikan ketika upacara adat.

Jadi tunggu apalagi? Yuk, agendakan perjalananmu untuk #MenyapaDesa Senaru! Pastikan di www.indonesia.travel . Jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan dan sudah vaksin Covid-19. Senaru memang seru, wisata yang terbaik di mana lagi kalau bukan di #IndonesiaAja.

#MenyapaDesa

#DesaWisata

#WonderfulIndonesia
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1496 seconds (0.1#10.140)