Inilah 5 Pencipta Lagu Anak Legendaris di Indonesia

Rabu, 07 September 2022 - 21:12 WIB
loading...
A A A
Wanita kelahiran 16 Januari 1926 ini menjadi populer setelah menjadi presenter dalam acara Taman Indria yang ditayangkan di TVRI. Bu Kasur juga dikenal berkat lagu-lagu anak ciptaannya. Lagu anak ciptaan Bu Kasur yang populer antara lain Satu Aku Sayang Ibu, Kucingku, dan Bertepuk Tangan.

3. AT Mahmud

Nama AT Mahmud tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Dia merupakan sosok pencipta di balik lagu-lagu anak populer seperti Anak Gembala, Libur Tlah Tiba, Kereta Apiku, dan Ambilkan Bulan.

Abdullah Totong Mahmud atau yang dikenal dengan nama AT Mahmud sudah terlihat memiliki bakat musik sejak SD. Bakat itu semakin terasah setelah lelaki kelahiran Palembang pada 3 Februari 1930 itu masuk ke Sekolah Guru Taman Kanak-Kanak di Jakarta Selatan. Sejak saat itulah dia mulai menciptakan lagu-lagu anak.

Lagu-lagu ciptaan AT Mahmud terinspirasi dari perasaannya mengenai tingkah laku anak-anak. Namanya mulai dikenal usai menjadi pengisi acara dalam sebuah program anak yang disiarkan oleh Radio Republik Indonesia. Melalui program itu juga AT Mahmud mempopulerkan lagu-lagu ciptaannya.

4. Ibu Soed

Saridjah Niung atau dikenal dengan nama Ibu Soed merupakan sosok di balik lagu Tik Tik Tik Bunyi Hujan, Menanam Jagung, dan Naik Delman. Wanita kelahiran 26 Maret 1908 ini merupakan pemusik dan pencipta lagu anak.

Perannya dalam penciptaan lagu anak dimulai saat menjadi guru musik di HIS Petojo, HIS Jalan Kartini, dan HIS Arjuna yang saat itu masih menggunakan bahasa Belanda.

Melihat anak-anak pribumi terlihat kurang gembira, Ibu Soed berinisiatif untuk membuatkan lagu anak yang ceria untuk menghibur mereka. Selain lagu anak, dia juga menciptakan beberapa lagu wajib nasional seperti Berkibarlah Benderaku dan Tanah Airku.

5. Papa T. Bob
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3567 seconds (0.1#10.140)