5 Ikan yang Boleh Dimakan Penderita Kolesterol dan Asam Urat

Sabtu, 10 September 2022 - 07:06 WIB
loading...
A A A
Konsumsi ikan sarden bisa meningkatkan kolesterol baik. Ikan berlemak, seperti sarden, mengandung jenis asam lemak omega-3 esensial yang dikenal sebagai asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA).

Namun, pendetia asam urat harus mengurangi makan sarden. Meski terasa enak, ikan jenis ini mengandung purin tinggi. Tak tanggung-tanggung, sarden kalengan memiliki 480 miligram purin per 100 gram.


3. Tuna

5 Ikan yang Boleh Dimakan Penderita Kolesterol dan Asam Urat

Foto/Getty Images

Ikan tuna tidak menurunkan kolesterol jahat secara langsung. Hanya saja, ikan ini dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan trigliserida yang meningkatkan rasio dan pada akhirnya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Tuna kalengan mengandung senyawa purin dalam jumlah sedang yakni 50 hingga 150 miligram purin dalam setiap 100 gram. Orang dengan asam urat bisa mengonsumsi ikan jenis ini dan memasukkannya ke dalam makanan dalam jumlah sedang.

4. Trout

5 Ikan yang Boleh Dimakan Penderita Kolesterol dan Asam Urat

Foto/Getty Images

Ikan trout adalah sumber protein, niasin, vitamin B12, dan asam lemak omega 3 yang sangat baik. Asam lemak omega 3 diperlukan untuk fungsi otak dengan membantu memori, kinerja, dan perilaku serta membantu pertumbuhan dan perkembangan normal.

Penelitian juga menunjukkan bahwa asam lemak omega 3 mengurangi peradangan dan dapat membantu menurunkan risiko kolesterol hingga penyakit kronis seperti jantung, kanker, dan radang sendi. Penderita asam urat harus mengurangi makan ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1848 seconds (0.1#10.140)