Studi: Minum Kopi 2-3 Cangkir Tiap Hari Bisa Sehatkan Jantung

Rabu, 28 September 2022 - 08:19 WIB
loading...
Studi: Minum Kopi 2-3...
Penelitian menemukan bahwa minum kopi 2-3 cangkir per hari bisa menyehatkan jantung. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Anda punya kebiasaan minum kopi 2 hingga 3 cangkir per hari? Jika ya, pertahankan kebiasaan itu. Sebab, dengan demikian Anda bisa memiliki umur lebih panjang serta jantung yang sehat .

Hal tersebut merupakah hasil studi yang telah diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology. Kopi yang diuji dalam penelitian ini meliputi kopi instan, kopi bubuk, dan kopi tanpa kafein.

"Dalam studi observasional ini, baik kopi instan, bubuk, maupun kopi tanpa kafein dikaitkan dengan penurunan risiko kejadian penyakit kardiovaskular dan kematian akibat penyakit kardiovaskular. Artinya, asupan kopi instan, bubuk, maupun kopi tanpa kafein harus dianggap sebagai bagian dari gaya hidup sehat," ungkap Profesor Peter Kistler, penulis studi dari Baker Heart and Diabetes Research Institute, Melbourne, Australia, dikutip dari News Medical Life Sciences, Rabu (28/9/2022).

Baca Juga: Studi: Minum Kopi Bisa Hindari Diabetes Tipe 2

Data studi bersumber dari data UK Biobank yang melibatkan orang dewasa berusia 40 hingga 69 tahun. Penyakit kardiovaskular yang diamati adalah penyakit jantung koroner, gagal jantung kongestif, serta stroke iskemik.

Diketahui ada 449.563 peserta dalam penelitian ini. Mereka semua dinyatakan bebas aritmia atau penyakit kardiovaskular lain. Usia rata-rata mereka adalah 58 tahun, dengan 55,3% di antaranya perempuan.

Peneliti menanyakan beberapa pertanyaan, seperti berapa cangkir kopi yang mereka minum setiap hari dan kopi jenis apa yang mereka minum, apakah kopi bubuk, instan, atau kopi tanpa kafein.

Setelah itu, peserta studi dikelompokkan menjadi enam kategori berdasarkan pada asupan kopi harian, terdiri dari sama sekali tidak minum kopi, kurang dari satu, satu, dua hingga tiga, empat hingga lima, dan lebih dari lima cangkir per hari.

Baca Juga: Minum Kopi Dapat Memperlambat Penyebaran Kanker Usus Besar

Didapati data bahwa sebanyak 198.062 peserta (44,1%) minum kopi instan, 82.575 (18,4%) minum kopi bubuk, dan 68.416 (15,2%) minum kopi tanpa kafein. Sementara itu, ada 100.510 (22,4%) peserta studi yang tidak minum kopi sama sekali dan kelompok ini dijadikan sebagai kelompok pembanding.

Hasilnya diketahui bahwa ada pengurangan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular pada kelompok minum kopi 2-3 cangkir per hari dibandingkan dengan tidak minum kopi sama sekali, yaitu 14% pada peminum kopi tanpa kafein, 27% pada peminum kopi bubuk, dan 11% pada peminum kopi instan.

Peneliti juga mendiagnosis 43.173 peserta studi mengalami penyakit kardiovaskular selama masa penelitian. Luar biasanya, terlihat bahwa mereka yang minum kopi 2-3 cangkir per hari lebih minim risiko.

Lalu, peminum kopi bubuk dan instan juga dikaitkan dengan penurunan risiko kejadian aritmia, termasuk fibrilasi atrium. Tapi, ini terjadi pada kelompok peminum kopi 4-5 cangkir per hari dibandingkan dengan kelompok tidak minum kopi sama sekali.

"Temuan kami menunjukkan bahwa minum kopi dalam jumlah sedang terbukti dapat menyehatkan jantung," terang Profesor Kistler.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Tio Pakusadewo Dirawat...
Tio Pakusadewo Dirawat Akibat Gangguan Jantung, Dewi Irawan Buka Donasi
Kaya Nutrisi, Semangka...
Kaya Nutrisi, Semangka Ternyata Berkhasiat Turunkan Risiko Penyakit Jantung
Dokter Ungkap Bahaya...
Dokter Ungkap Bahaya Kerja Shift Malam, Risiko Penyakit Jantung Meningkat
Kronologi Calvin Dores...
Kronologi Calvin Dores Alami Serangan Jantung, Sempat Ngeluh Sesak Napas
5 Manfaat Kopi yang...
5 Manfaat Kopi yang Jarang Diketahui, Bikin Panjang Umur hingga Cegah Penyakit Kronis
Kasus Penyakit Jantung...
Kasus Penyakit Jantung di Usia Muda Meningkat, Dokter Ungkap Penyebabnya
Jelajahi 197 Negara,...
Jelajahi 197 Negara, Peneliti Temukan Kesederhanaan Jadi Kunci Kebahagiaan
AS Kenalkan Mikroskop...
AS Kenalkan Mikroskop dengan Resolusi Detail hingga yang Terkecil
Riset LAPI ITB: Konektivitas...
Riset LAPI ITB: Konektivitas Digital Dongkrak PDRB dan Serap 685 Ribu Tenaga Kerja
Rekomendasi
BPDP, Ditjenbun dan...
BPDP, Ditjenbun dan AKPY Latih 122 Pekebun Sawit OKI Tingkatkan Kualitas Panen
Honda Siap Luncurkan...
Honda Siap Luncurkan 2 Motor Listrik Terbaru Lagi
Jadi Penasihat Presiden,...
Jadi Penasihat Presiden, Said Iqbal Tegaskan Buruh Tetap Bisa Demo Sesuai Aturan
Berita Terkini
Dari Iran ke Indonesia,...
Dari Iran ke Indonesia, Pesepeda Arezoo Tampil Memukau Lewat Sentuhan Ade Fitri Kirana
Nonton Gratis hingga...
Nonton Gratis hingga VIP, Ini Beragam Cara Menikmati Microdrama di V+Short
Ruben Onsu Tak Lagi...
Ruben Onsu Tak Lagi Harapkan Permintaan Maaf Sarwendah, Hanya Ingin Bertemu Anak
Liburan Mewah Tanpa...
Liburan Mewah Tanpa Menguras Anggaran: Hotel Bintang 4 dan 5 Mulai Rp300.000
Potret Alyssa Daguise...
Potret Alyssa Daguise dan Baby Soleil Jadi Sorotan, Perhiasan yang Dipakai Tembus Rp1,2 Miliar
Pembuktian Irish Bella...
Pembuktian Irish Bella jadi Produser di Film Horor Dosa, Tayang 11 Juni
Infografis
Waktu Paling Tepat untuk...
Waktu Paling Tepat untuk Minum Kopi saat Puasa Ramadan
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved