Begini Cara Hadapi Perbedaan Pola Pikir dan Sikap di Tempat Kerja

Rabu, 05 Oktober 2022 - 19:42 WIB
loading...
Begini Cara Hadapi Perbedaan Pola Pikir dan Sikap di Tempat Kerja
Ada cara menghadapi perbedaan pola pikir dan sikap lintas generasi di tempat kerja. Untuk menghadapi seseorang yang beda generasi penting memahami budaya. Foto/tangkapan layar YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Ada beberapa cara menghadapi perbedaan pola pikir dan sikap lintas generasi di tempat kerja. Director Forbes Indonesia Troy Fridatama mengatakan, untuk menghadapi seseorang yang beda generasi khususnya di kantor penting memahami budaya tempat itu sendiri.

Troy melanjutkan, ketika generasi 70-an bertemu dengan seseorang yang lahir pada 2000-an, tentu karakter yang dimiliki berbeda-beda. Beberapa di antaranya ada yang tidak bisa mengimbangi, sehingga kesulitan berinteraksi.

"Kalau ngomongin adaptasi di dunia kerja, yang harus kita tahu yaitu culture di mana tempat kerjanya. Karena bagaimanapun culture di kantor tempat kita bekerja itu yang harus kita ikuti dan junjung," kata Troy dalam podcast Aksi Nyata dikutip dari kanal YouTube Partai Perindo, Rabu (05/10/2022).

Baca Juga: Gaya Hidup Hustle Culture Bisa Dihindari, Terapkan Cara Ini

Menurut Troy untuk mengatasi itu semua, dibutuhkan point of view (POV) atau sudut pandang ke masing-masing individu. Apakah satu sama lainnya bisa mengimbangi, sehingga tidak akan terjadi kesalahan dalam berkomunikasi.

"Maka balik lagi point of view kita sebagai individu. Seperti saya yang sudah lahir duluan, (lebih dulu) punya banyak kesempatan. Pasti akan memiliki POV yang berbeda dengan yang baru," ujar Troy.

Oleh karena itu, baik generasi lama maupun kekinian harus disamakan lebih dulu sudut pandangnya. Sehingga mereka dapat berjalan dan berkembang bersama ketika berada di lingkungan pekerjaan atau kantor.

Baca Juga: Kecenderungan Anak Muda Zaman Now Adopsi Tren Hustle Culture, Waspadai Dampak Buruknya!
(dra)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1708 seconds (11.210#12.26)