Mengenal Demam Kuning, Penyakit yang Ditularkan Lewat Gigitan Nyamuk

Selasa, 18 Oktober 2022 - 14:14 WIB
loading...
Mengenal Demam Kuning, Penyakit yang Ditularkan Lewat Gigitan Nyamuk
Demam kuning, merupakan penyakit yang ditularkan lewat perantara gigitan nyamuk. Demam kuning penyakit demam berdarah virus akut yang ditularkan oleh nyamuk. Foto/CDC
A A A
JAKARTA - Demam kuning , merupakan penyakit yang ditularkan lewat perantara gigitan nyamuk. Demam kuning adalah penyakit demam berdarah (hemoragik) virus akut yang ditularkan oleh nyamuk yang terinfeksi virus penyebab demam kuning.

Penyakit ini disebabkan oleh virus yang berasal dari genus flavivirus. Virus ini ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk jenis aedes aegypti, aedes albopictus, haemagogus sp, dan sabethes sp yang terinfeksi.

Jenis nyamuk ini berkembang biak di lingkungan sekitar manusia, termasuk di air bersih. Nyamuk aedes aegypti membawa virus setelah menggigit manusia atau monyet yang terinfeksi. Virus kemudian memasuki aliran darah nyamuk dan menetap di kelenjar air liur nyamuk.

Dirangkum dari situs resmi Kemenkes, Selasa (18/10/2022) ketika nyamuk tersebut kembali menggigit manusia atau monyet lain, virus akan memasuki aliran darah dan menyebar di dalam tubuh manusia atau monyet tersebut.



Nyamuk aedes aegypti paling aktif pada siang hari. Oleh sebab itu, penyebaran virus demam kuning paling banyak berlangsung pada waktu tersebut.

Manusia juga dapat terinfeksi virus ini jika tertular melalui kontak darah. Seperti dari jarum yang sudah terkontaminasi darah pengidap.

Penyakit ini paling banyak ditemukan di negara tropis seperti Afrika, serta Amerika Tengah dan Selatan. Demam kuning tidak bisa disembuhkan, tapi bisa dicegah dengan mendapatkan vaksin demam kuning.

Setelah kontak dengan nyamuk yang terinfeksi, virus akan mengalami masa inkubasi di dalam tubuh selama 3 sampai 6 hari diikuti oleh infeksi yang dapat terjadi selama satu atau dua tahap.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1691 seconds (0.1#10.140)