Once Mekel Bakal Rilis Album Lewat NFT, Beri Manfaat Bagi Karya Seniman

Jum'at, 23 Desember 2022 - 19:37 WIB
loading...
Once Mekel Bakal Rilis Album Lewat NFT, Beri Manfaat Bagi Karya Seniman
Musisi Once Mekel mengungkapkan adanya kemajuan teknologi dalam bentuk non-fungible token (NFT) memberikan dampak positif bagi karya seniman termasuk musisi dan pelukis. Foto/Dok.Sindonews
A A A
JAKARTA - Musisi Once Mekel mengungkapkan adanya kemajuan teknologi dalam bentuk non-fungible token (NFT) memberikan dampak positif bagi karya seniman termasuk musisi dan pelukis. Hal itu tentunya memiliki posisi yang lebih unik dan bermutu dibandingkan dengan hanya dijual di platform digital yang umum digunakan saat ini.

"Adanya manfaat dari NFT ini ikut membuka kemungkinan peluang beberapa art itu bisa mendapatkan posisi yang lebih unik dan bermutu. Artinya, sebuah lukisan A ditaruh di platform dengan NFT, ini akan lebih memiliki mutu yang lebih bagus daripada yang ditaruh di platform digital lain," kata Once, Jumat (23/12/2022).

Selain itu, menurut mantan vokalis Dewa 19 ini, artis juga bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar jika terjun ke dunia NFT. Pasalnya untuk musisi misalnya, ia mengatakan saat ini mereka hanya mendapatkan Rp10 untuk setiap pemutaran lagu di platform digital.

"Kita hanya dapat 10 perak dari setiap pemutaran lagu. Jadi untuk pemutaran satu juta kali, kita cuma dapat Rp10 juta. Dengan NFT yang baru ini, pendekatannya berbeda," ujar Once.



"Yang jelas saya senang, ini membuat si artis menjadi unik, dia akan dihargai oleh penggemarnya sendiri dengan harga yang bisa ditentukan sendiri," imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, pemilik nama lengkap Elfonda Mekel ini ikut mengungkapkan rencana merilis album terbaru pada Januari mendatang melalui platform improduction.ip perusahaan entertainment dan teknologi StarX, dengan dua paket. Paket pertama akan mendapatkan NFT dan tanda tangan, sedangkan paket kedua akan mendapatkan NFT, tanda tangan, dan personalize name.

"NFT ini unik dan masih sedikit digunakan musisi atau seniman belum akrab, jadi kita pun berencana, mungkin temen lain juga punya rencana yang sama, saya ingin merilis album dengan value added atau ada nilai instruksikan lah untuk beberapa penggemar khusus yang memang sangat ingin memiliki lebih dari lagu itu sendiri," kata Once.

Dalam kesempatan yang sama, Founder dan CEO StarX Irwan Wahyudianto mengatakan, proyek bersama Once itu memang menjadi proyek terdekat yang akan dijalankan oleh perusahaannya melalui platform tersebut.

Menurutnya, platform improduction.io berupaya untuk menawarkan sesuatu yang baru dan menjadi solusi bagi keresahan-keresahan para seniman termasuk musisi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2241 seconds (0.1#10.140)