Konsumsi Bunga Mawar Bisa Atasi Menstruasi Tidak Teratur

Selasa, 23 Mei 2017 - 21:25 WIB
Konsumsi Bunga Mawar Bisa Atasi Menstruasi Tidak Teratur
Konsumsi Bunga Mawar Bisa Atasi Menstruasi Tidak Teratur
A A A
JAKARTA - Bunga biasanya dimanfaatkan untuk menghias ruangan karena wangi dan warnanya yang beragam. Namun, dibalik keindahan tersebut, bunga juga dipercaya bisa dikonsumsi dan baik untuk kesehatan. Hal ini pun sudah dilakukan oleh bangsa China yang mengekstraksi makanan dari bunga selama berabad-abad.

Dilansir dari Daily Star, untuk membuktikan manfaat tersebut peneliti melakukan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Food Science. Hasil penelitian ini pun menunjukkan bahwa beberapa bunga mengandung senyawa alami yang dikenal sebagai phenolics.

Phenolics bertugas menurunkan risiko sakit jantung dan beberapa jenis kanker, serta memiliki sifat anti inflamasi. Selain itu bunga juga kaya akan sumber vitamin, termasuk asam folat, niacin, riboflavin, pyroxidine dan vitamin E juga C.

"Bunga adalah tanaman makanan alami. Seperti tanaman makanan lain yang ada di alam, mereka mengandung nutrisi yang berharga bagi kesehatan," papar ahli herbal, Dr Joseph Mercola.

Meski kaya akan manfaat, mengonsumsi bunga tidak boleh sembarangan. Pasalnya, beberapa bunga disemprot dengan pestisida, yang jika termakan bisa memicu masalah kesehatan. Anda harus memilih bunga dengan keterangan yang bisa dimakan dan cuci sampai bersih sebelum mengonsumsinya.

Salah satunya bunga mawar. Dilansir dari SpoonUniversity, bunga favorit banyak wanita ini memiliki manfaat yang bisa mengatasi masalah kewanitaan, seperti menstruasi yang tidak teratur. Selain itu, mawar bisa menyembuhkan masalah pencernaan, mengurangi sakit, mual, kelelahan, biang keringat hingga mengobati jerawat.

Umumnya masing-masing mawar memiliki rasa yang manis. Di mana semakin gelap warnanya maka semakin kuat rasa yang dihasilkan.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0623 seconds (0.1#10.140)