Kini, Nikmati Sambal Goreng Kentang Ati Tak Perlu Nunggu Lebaran

Kamis, 03 Januari 2019 - 00:50 WIB
Kini, Nikmati Sambal Goreng Kentang Ati Tak Perlu Nunggu Lebaran
Kini, Nikmati Sambal Goreng Kentang Ati Tak Perlu Nunggu Lebaran
A A A
JAKARTA - Sambal goreng kentang ati biasanya identik dengan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri. Makanan ini menjadi menu wajib yang disajikan saat momen suci tersebut bersama rendang, dendeng, opor ayam dan ketupat.

Namun, tak hanya saat Lebaran, makanan ini juga dapat disajikan kapan saja, termasuk saat sarapan pagi. Berikut resep membuat sambal goreng kentang ati yang dikutip dari Instagram @masaktv.

Bahan-bahan:
500 g kentang
Ati ampela ayam
200 ml santan
1 papan petai
2 cm lengkuas
1 sdm gula merah, disisir
2 sdm air asam jawa
1 buah tomat
Jeruk nipis

Bumbu halus:
½ sdt garam
5 buah cabai merah keriting
2 buah cabai merah besar
7 siung bawang merah
1 cm jahe
4 buah kemiri
3 siung bawang putih
1 btg serai
2 lbr daun jeruk
Air

Cara membuatnya:
1. Goreng kentang yang telah dipotong dadu ke dalam minyak goreng panas. Lumuri ati ampela ayam dengan air jeruk nipis untuk mengurangi bau amis. Lalu rebus dalam air mendidih selama 3 menit. Tiriskan kemudian goreng dalam minyak panas hingga kering. Masukkan cabai merah besar, cabai merah keriting, bawang merah, kemiri, bawang putih, tomat ke dalam blender dan tambahkan sedikit minyak, haluskan.
2. Panaskan minyak lalu masukkan jahe, lengkuas, dan serai yang telah dimemarkan semua. Tambahkan daun jeruk dan daun salam, tumis sebentar lalu masukkan bumbu yang telah dihaluskan. Tumis hingga matang dan harum. Masukkan petai, ati ampela goreng, dan kentang yang telah digoreng. Aduk hingga bumbu tercampur rata lalu tambahkan santan dan gula merah. Bumbui dengan garam, lada, dan air asam. Masak hingga kuah mengental dan meresap.
3. Sambal goreng kentang ati siap dihidangkan.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6485 seconds (0.1#10.140)