8 Lalapan Penurun Gula Darah yang Ampuh Cegah Diabetes

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 07:10 WIB
Foto/Getty Images

Mengonsumsi kubis kaya akan vitamin C, yang dapat berdampak positif terhadap kesehatan jantung, menurut ulasan 2020 di jurnal Antioksidan. Kubis juga mengandung banyak serat untuk memperlambat pencernaan apa pun yang Anda makan, yang dapat membantu mencegah lonjakan gula darah.



5. Bayam



Foto/Getty Images

Seperti semua sayuran berdaun hijau, bayam padat nutrisi dan sangat rendah kalori. Bayam juga kaya akan zat besi, yang merupakan kunci kesehatan aliran darah.

Menurut penelitian 2020 yang diterbitkan di Jurnal Nutrisi, bayam juga mengandung membran yang disebut tilakoid, yang menampung zat yang dapat membantu sensitivitas insulin.

6. Tomat



Foto/Getty Images

Disarankan untuk menambahkan tomat ke dalam diet. Sayuran ini kaya akan likopen, senyawa yang telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker tertentu, serta membantu kadar gula darah.

7. Mentimun



Foto/Getty Images

Mentimun adalah sayuran kaya air yang dapat membantu Anda tetap terhidrasi, serta merasa kenyang. Anggota keluarga cucurbitaceae, termasuk mentimun, dapat menurunkan dan mengontrol kadar gula darah serta mengurangi peradangan di seluruh tubuh.

8. Selada



Foto/Getty Images

Berbagai jenis selada mengandung nutrisi yang berbeda-beda, namun semuanya tinggi serat dan air. Secara khusus, hanya satu cangkir selada daun merah memenuhi 33 persen kebutuhan vitamin K harian.

Vitamin K penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang. Selada juga dapat membantu memperlambat penyerapannya, yang selanjutnya berkontribusi pada pengendalian gula darah.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More