5 Penyebab Kadar Gula Darah Sulit Turun, Salah Satunya Dehidrasi

Senin, 18 September 2023 - 08:19 WIB
Ngemil larut malam bisa membuat kadar gula darah sulit dikendalikan. Mengonsumsi camilan tinggi karbohidrat atau bergula menjelang waktu tidur dapat menyebabkan lonjakan gula darah, terutama jika Anda tidak melakukan aktivitas fisik setelahnya.

Metabolisme tubuh melambat pada malam hari, sehingga lebih sulit mengatur gula darah secara efektif. Untuk mencegah lonjakan gula darah di malam hari, usahakan untuk menghindari camilan berat atau bergula sebelum tidur. Jika Anda merasa lapar, pilihlah camilan ringan kaya protein yang tidak akan menyebabkan peningkatan gula darah secara signifikan.



Foto/Infografis SINDOnews



3. Konsumsi Kafein Berlebihan



Kopi atau minuman berkafein lainnya (softdrink) dapat mempengaruhi kadar gula darah, apalagi jika dikonsumsi berlebihan. Kafein dapat menyebabkan sensitivitas insulin, sehingga menyulitkan tubuh untuk mengatur gula darah.

Selain itu, kopi dan minuman berenergi biasanya mengandung gula dalam jumlah berlebihan yang selanjutnya dapat berkontribusi pada peningkatan kadar gula. Jika seorang peminum kopi yang rajin, pertimbangkan untuk mengurangi asupan kafein dan pantau pengaruhnya terhadap kadar gula darah. Pilihlah teh herbal atau air sebagai gantinya.

4. Makanan Bebas Gula



Penting untuk berhati-hati terhadap makanan yang berlabel bebas gula. Meskipun produk ini tampak seperti pilihan yang baik untuk mengelola gula darah, banyak dari produk ini mengandung pemanis buatan atau gula alkohol, yang masih dapat memengaruhi kadar gula darah.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More