Mengenal Kanker Payudara, Penyakit yang Diidap Suzanne Somers Selama 23 Tahun hingga Meninggal Dunia

Senin, 16 Oktober 2023 - 10:36 WIB
Dokter memperkirakan sekira 5 hingga 10 persen kanker payudara terkait dengan mutasi gen yang diturunkan dari generasi ke generasi dalam sebuah keluarga.

Sejumlah gen bermutasi yang diturunkan yang dapat meningkatkan kemungkinan kanker payudara telah diidentifikasi. Yang paling terkenal adalah kanker payudara gen 1 (BRCA1) dan kanker payudara gen 2 (BRCA2), keduanya secara signifikan meningkatkan risiko kanker payudara dan ovarium.

Jika Anda memiliki riwayat keluarga yang kuat menderita kanker payudara atau kanker lainnya, dokter Anda mungkin merekomendasikan tes darah untuk membantu mengidentifikasi mutasi spesifik pada BRCA atau gen lain yang diturunkan dalam keluarga Anda.

Pertimbangkan untuk meminta rujukan dari dokter Anda ke konselor genetik, yang dapat meninjau riwayat kesehatan keluarga Anda. Seorang konselor genetik juga dapat mendiskusikan manfaat, risiko, dan keterbatasan pengujian genetik untuk membantu Anda dalam pengambilan keputusan bersama.

Faktor risiko

Faktor risiko kanker payudara adalah segala sesuatu yang meningkatkan kemungkinan Anda terkena kanker payudara. Namun memiliki satu atau bahkan beberapa faktor risiko kanker payudara tidak selalu berarti Anda akan terkena kanker payudara. Banyak wanita yang mengidap kanker payudara tidak memiliki faktor risiko yang diketahui selain dari faktor wanita saja.

Faktor-faktor yang berhubungan dengan peningkatan risiko kanker payudara meliputi:

Menjadi perempuan. Wanita jauh lebih mungkin terkena kanker payudara dibandingkan pria.

Bertambahnya usia. Risiko Anda terkena kanker payudara meningkat seiring bertambahnya usia.

Riwayat pribadi tentang kondisi payudara. Jika Anda pernah menjalani biopsi payudara dan ditemukan karsinoma lobular in situ (LCIS) atau hiperplasia payudara atipikal, Anda memiliki peningkatan risiko kanker payudara.

Riwayat pribadi kanker payudara. Jika Anda pernah menderita kanker payudara di satu payudara, Anda memiliki peningkatan risiko terkena kanker di payudara lainnya.

Riwayat keluarga menderita kanker payudara . Jika ibu, saudara perempuan atau anak perempuan Anda didiagnosis mengidap kanker payudara, terutama pada usia muda, maka risiko Anda terkena kanker payudara akan meningkat. Namun, sebagian besar orang yang didiagnosis menderita kanker payudara tidak memiliki riwayat penyakit dalam keluarga.

Gen yang diwariskan meningkatkan risiko kanker. Mutasi gen tertentu yang meningkatkan risiko kanker payudara dapat diturunkan dari orang tua ke anak. Mutasi gen yang paling terkenal disebut sebagai BRCA1 dan BRCA2. Gen-gen ini dapat meningkatkan risiko kanker payudara dan kanker lainnya secara signifikan, namun tidak membuat kanker tidak bisa dihindari.

Paparan radiasi. Jika Anda menerima perawatan radiasi di dada saat masih anak-anak atau dewasa muda, risiko Anda terkena kanker payudara akan meningkat.

Kegemukan. Menjadi gemuk meningkatkan risiko kanker payudara.

Mulailah menstruasi Anda di usia yang lebih muda. Memulai menstruasi sebelum usia 12 tahun meningkatkan risiko kanker payudara.

Mulai menopause pada usia yang lebih tua. Jika Anda mulai menopause pada usia lebih tua, Anda lebih mungkin terkena kanker payudara.

Memiliki anak pertama di usia yang lebih tua. Wanita yang melahirkan anak pertamanya setelah usia 30 tahun mungkin memiliki peningkatan risiko kanker payudara.

Belum pernah hamil. Wanita yang belum pernah hamil memiliki risiko lebih besar terkena kanker payudara dibandingkan wanita yang pernah hamil satu kali atau lebih.

Terapi hormon pascamenopause. Wanita yang mengonsumsi obat terapi hormon yang menggabungkan estrogen dan progesteron untuk mengatasi tanda dan gejala menopause memiliki peningkatan risiko kanker payudara. Risiko kanker payudara menurun ketika wanita berhenti mengonsumsi obat-obatan tersebut.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More