6 Tanda Overwork yang Tidak Boleh Diabaikan, saatnya Rehat dan Liburan

Jum'at, 12 Juli 2024 - 23:55 WIB
Penurunan produktivitas menjadi tanda yang sangat terlihat ketika pegawai kelebihan beban kerja. Adanya beban kerja yang berlebih membuat pegawai cenderung kurang produktif atau mengalami penurunan produktivitas.

Mereka biasanya kesulitan dalam mengerjakan tugas karena banyaknya tanggung jawab yang ia pikul. Sangat dimungkinkan mereka tidak akan tuntas dalam menangani pekerjaan atau banyaknya kesalahan dalam bekerja.

3. Peningkatan Keluhan Kesehatan



Peningkatan keluhan kesehatan pada pegawai disebabkan oleh banyak faktor. Di antaranya gaya hidup pegawai secara pribadi, pola makan atau adanya riwayat penyakit yang diderita. Namun banyak gangguan kesehatan yang diderita pegawai karena kelebihan beban kerja.

Seperti kelelahan kronis yang pada akhirnya menyulut timbulnya penyakit baru. Jika pada waktu yang bersamaan relatif banyak pegawai yang menderita keluhan kesehatan, hal tersebut perlu dievaluasi apakah ada kelebihan beban kerja pada pegawai.



4. Meningkatnya Konflik di Lingkungan Kerja



Merebaknya konflik dalam lingkungan kerja bisa menjadi tanda bahwa terdapat kelebihan beban kerja pada pegawai. Beban kerja berlebih membuat energi seseorang terkuras, kesehatan berkurang, kelelahan, bahkan berkurangnya kualitas hubungan antar pegawai.

Kondisi tersebut pada akhirnya akan menyulut timbulnya konflik hubungan antar pegawai. Di sisi lain, timbul pula konflik tugas, karena pegawai dituntut untuk menyelesaikan tugas dalam waktu yang bersamaan.

5. Penurunan Kreativitas

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More