Penanganan Ruam Popok Bayi, Perlukah Penanganan dari Dokter?

Selasa, 10 Mei 2022 - 09:00 WIB
● Gunakan krim atau salep pelembap khusus untuk melembapkan area yang terkena ruam popok.

Pada poin terakhir, disinggung mengenai penggunaan salep zinc oxide. Zinc oxide ini merupakan bahan yang ampuh mengobati ruam di area bokong dan selangkangan bayi.

“Zinc salts (zinc gluconate dan zinc oxide) berperan sebagai antiinflamasi, antiiritasi, antioksidan, antibacterial, dan memberi efek regenerasi dan melembapkan, Salep zinc oxide juga berfungsi sebagai pelindung fisik terhadap penyerapan air dan ifneksi bakteri pada kulit yang mengalami iritasi.” tambah dr. Nessya, SpKK. yang kami rangkum dari Pickybest.id.

Apabila setelah menerapkan langkah-langkah perawatan rumahan untuk meredakan ruam popok belum tampak perbaikan setelah 3 hari, atau terdapat komplikasi, segera bawa anak ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin agar diberi penanganan.

Pilihan Obat yang Dapat Mengatasi Ruam Popok

Ruam popok adalah kondisi yang umum dialami oleh bayi. Kondisi ini biasanya menyerang bayi yang memiliki kulit sensitif, jarang melakukan pergantian popok, serta seringnya memakai popok basah dan ketat.

Di samping salep yang mengandung zinc oxide, ada beberapa pilihan obat yang juga membantu mengatasi ruam popok. Apa saja?

Salep Hidrokortison

Salep hidrokortison dapat mengurangi pembengkakan, iritasi, dan rasa gatal pada kulit. Salep ini juga bisa digunakan untuk mengobati ruam popok, namun penggunaannya harus diawasi oleh dokter. Dengan kata lain, gunakan salep ini hanya dengan resep dokter sebab sembarangan menggunakan salep hidrokortison justru dapat memperparah ruam dan iritasi kulit.

Saat menggunakan obat ini, jangan gunakan obat lain secara bersamaan untuk menghindari efek samping. Tunggu sekitar 10 menit bila ingin mengoleskan obat lain, atau akan lebih baik jika penggunaan obat lain dilakukan pada waktu berbeda.

Krim Antijamur

Ruam popok dapat pula disebabkan oleh pertumbuhan jamur akibat kondisi kulit di area bokong dan selangkangan yang lembap dan kotor. Untuk mengobati ruam popok akibat infeksi jamur, dokter biasanya memberikan salep antijamur yang bekerja mengurangi infeksi dengan menghambat pertumbuhan jamur di kulit.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More