Dulu Heboh Ningsih Tinampi, Kini Ida Dayak, Sakti Mana?

Kamis, 06 April 2023 - 09:04 WIB
loading...
A A A
Ciri khas pengobatan yang dilakukan oleh Ningsih Tinampi adalah dengan melakukan komunikasi dengan mahkluk gaib. Sosoknya pun pernah menimbulkan kontroversi usai mengaku bisa memanggil nabi dan malaikat.

Tak hanya itu, Ningsih Tinampi juga sempat mengaku menemukan obat Covid-19 saat awal-awal masa pandemi. Namun, belakangan ia diduga tak benar-benar memiliki kemampuan gaib untuk menyembuhkan penyakit.

Ningsih Tinampi disebut-sebut hanya menggunakan metode placebo atau trik sugesti. Placebo adalah perawatan medis yang sebenarnya tidak memiliki efek yang bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Namun manusia yang menerimanya merasa mendapatkan manfaat. Itulah mengapa masyarakat lebih menyukai pengobatan seperti Ningsih Tinampi, ditipu dengan efek placebo.

Mereka dijanjikan peningkatan kontrol diri, percaya diri dan perbaikan kesehatan. Namun perlu diingat, efek itu bersifat semu karena tidak menyasar sumber asli penyakit.

Kesaktian Ida Dayak

Dikutip dari beragam video yang beredar di media sosial, nampak Ida Dayak mengobati anggota tubuh pasiennya sembari menggerakkan tubuhnya dan memijat-mijat dengan minyak bintang.

Ida Dayak nampak membuat tangan seorang anak yang bengkok menjadi lurus kembali hanya dengan bantuan minyak bintang. Bahkan, yang membuat nama Ida Dayak semakin melejit adalah dirinya tidak mematok tarif setiap kali menangani pasiennya, alias gratis.

Tak heran jika antusiasme warga yang penasaran dengan Ida Dayak sempat membludak saat ia membuka pengobatan di daerah, Cilodong Depok baru-baru ini.

Melihat 'kesaktian' Ida Dayak dalam menyembuhkan penyakit pasiennya, membuat banyak netizen penasaran dengan minyak bintang yang sering digunakannya.

Ternyata minyak bintang bukanlah hal sembarangan, terutama dalam tradisi suku Dayak sebagai obat tradisional. Bahkan minyak bintang sudah masuk dalam warisan budaya takbenda Indonesia.

Sebagaimana dilansir laman resmi Warisan Budaya Takbenda Indonesia, Minyak bintang adalah salah satu ilmu magis yang berkembang dalam masyarakat Dayak Benuaq dan Dayak Tunjung yang ada di Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1535 seconds (0.1#10.140)