Kelebihan Gula Stevia Dibandingkan Gula Pasir dan Gula Merah

Jum'at, 26 Mei 2023 - 11:47 WIB
loading...
A A A
Penelitian lain menunjukkan senyawa stevioside yang diekstrak dari tanaman stevia bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah.

Dalam hal ini, mengonsumsi stevioside dapat membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Namun, masih dibutuhkan uji lebih lanjut untuk mempelajari manfaat dari ekstrak tanaman stevia ini dalam hal pengaturan kadar gula darah dan tekanan darah.

Gula stevia juga memiliki keunggulan karena manfaatnya untuk penderita diabetes, obesitas, dan mereka yang sedang menjaga asupan kalori/ berdiet dan aman dikonsumsi oleh semua orang.

Ekstrak tanaman stevia juga diyakini bermanfaat untuk membantu pengaturan kadar gula darah. Bahkan, di Amerika Selatan, ekstrak tanaman ini sudah lama digunakan untuk penderita diabetes.

Terdapat hasil penelitian yang menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun stevia dapat membantu menghambat kenaikan kadar gula darah setelah makan pada penderita diabetes dan saat uji toleransi glukosa pada orang sehat.

Gula stevia memang tidak memicu efek samping jika hanya digunakan sebagai pemanis buatan untuk masakan.

Kendati demikian, dikutip dari laman Halodoc, Food and Drug Administration (FDA) menyarankan bahwa batas maksimal penggunaan harian stevia adalah 4 miligram per kilogram berat badan.

Namun, apabila dikonsumsi berlebihan dari yang ditetapkan, risiko efek samping seperti gangguan pencernaan bisa dialami. Meski jarang terjadi, risiko alergi, kembung, begah dan mual jadi efek samping yang perlu diwaspadai.



Pasalnya, gula stevia cenderung sulit dicerna oleh bakteri di dalam usus besar, sehingga bakteri meningkatkan produksi gas pemicu kembung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1710 seconds (0.1#10.140)