Mengenal Teknik Tossing, Rahasia Dibalik Gurih dan Meresapnya Bumbu pada Ayam Goreng

Rabu, 21 Juni 2023 - 12:22 WIB
loading...
A A A
Nah, setiap potongan ayam goreng dengan berbagai balutan jenis bumbu yang disajikan Wingstop Indonesia tersebut ternyata disajikan dengan teknik tossing. Apa sih sebenarnya teknik tossing itu?

Mengenal Teknik Tossing, Rahasia Dibalik Gurih dan Meresapnya Bumbu pada Ayam Goreng

Foto/wiwie heryani/MPI

General Manager Wingstop Indonesia, Gustain Syakie, menjelaskan umumnya beberapa gerai ayam goreng cepat saji di Indonesia masih banyak yang menggunakan teknik pengolesan biasa untuk menambahkan flavour atau bumbu di atas ayam goreng tepung.

Padahal, teknik menambahkan bumbu pada ayam goreng ternyata lebih bagus jika menggunakan teknik tossing.Teknik ini sendiri merupakan teknik mencampur potongan ayam goreng tepung di wadah stainless steel besar, yang bisa memuat 20-30 potongan ayam, dengan bumbu yang ingin disajikan.



Seluruh ayam dan bumbu itu di ‘tossing’ atau semacam mengayun-ayunkan hingga membalik masakan dengan cara melempar masakan diatas wadah.

“Teknik ini memang terlihat cukup sulit ya. Biasanya, kalau di kami itu satu wadah stainless steel bisa muat 30 potong ayam. Bahkan wadahnya kami impor langsung karena memang di Indonesia nggak ada wadah yang punya cekungan khusus di bawahnya,” ujar Gustain, saat diwawancara MNC Portal, baru-baru ini.

Mengenal Teknik Tossing, Rahasia Dibalik Gurih dan Meresapnya Bumbu pada Ayam Goreng

Foto/wiwie heryani

Gustain juga menjelaskan, kegunaan dari teknik tossing ini yakni untuk meratakan masakan, agar bumbu dapat teraduk dan matang secara merata.

Cara ini juga ternyata kerap dipakai oleh hampir sebagian besar gerai ayam goreng cepat saji di Amerika, karena selain bisa membuat bumbu merata sempurna, juga berguna agar hasil masakan terlihat matang mengkilap tanpa menyerap minyak yang berlebihan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1580 seconds (0.1#10.140)