Leisure Farm Taiwan Ini Sajikan Teh Panjang Umur

Selasa, 11 Oktober 2016 - 04:29 WIB
Leisure Farm Taiwan Ini Sajikan Teh Panjang Umur
Leisure Farm Taiwan Ini Sajikan Teh Panjang Umur
A A A
TAIWAN - Suhu udara kawasan pegunungan Alishan, Taiwan, menyentuh 18 derajat celcius. Di sebuah restoran, seorang pria paruh baya sibuk menuang teh ke dalam gelas para tamu yang baru saja selesai menikmati hidangan makan malam. Dia adalah Jaden, pemilik restoran Long Yun Leisure Farm."Silakan diminum, ini teh Ashitaba, rasanya nikmat dan pasti menyehatkan," kata Jaden ramah kepada rombongan wartawan Indonesia suatu malam pada September 2016.Sikap ramah Jaden dan teh hangat yang disajikannya bisa mengusir dingin udara di ruangan restoran pada malam itu. Bagi masyarakat Taiwan, teh Ashitaba bukan sekadar minuman untuk menghangatkan badan. Lebih dari itu, teh ini dipercaya sangat baik untuk kesehatan. Orang Taiwan meminum teh ini tanpa memberi gula."Sesuai namanya, Ashitaba atau berumur panjang. Teh ini dipercaya bisa memperpanjang umur bagi yang rutin meminumnya," kata Calem, staf dari Taiwan Leisure Farm Development Association yang menjadi pemandu wisata bagi rombongan wartawan malam itu.Popularitas teh Alishan sudah menyebar ke seantero Taiwan. Namun, untuk bisa menikmati teh dengan kualitas terbaik, perlu sedikit upaya, yakni mendatangi lokasi perkebunan di dataran tinggi pegunungan yang berada di sekitar kawasan Alishan National Scienic Area."Makin tinggi tempat teh ini tumbuh, maka makin baik kualitasnya. Di daerah yang rendah juga banyak dijual oleh pedagang, tapi biasanya bukan kualitas terbaik," ujar Calem.Teh tentu bukan satu-satunya yang bisa dinikmati di Long Yun. Sebagaimana leisure farm yang ada di negara ini, pengunjung juga dapat menikmati makanan enak di restoran dan berisitirahat dengan nyaman di kamar bertaraf hotel bintang empat.
Leisure Farm Taiwan Ini Sajikan Teh Panjang Umur
Satu hal yang juga manarik, semua menu makanan di restoran dijamin sehat, terutama sayur dan buah karena semuanya organik. Bahan makanan tersebut dipetik dari kebun dan hutan di sekitar farm. Seperti malam itu, makanan yang disajikan berupa sayur rebung dan capcay serta aneka seafood.Hal yang juga penting adalah restoran milik Jaden ini sudah mengantongi sertifikat halal dari The Chinese Muslim Association sehingga aman bagi turis muslim.
Leisure Farm Taiwan Ini Sajikan Teh Panjang Umur
Di tempat ini, tamu yang menginap akan diajak mengikuti beragam aktivitas menyenangkan. Antara lain, cara praktis membuat Aiyu jelly yang baik untuk desert. Jelly ini dibuat dari biji-bijian Aiyu yang pohonnya tumbuh di hutan sekitar farm. Untuk membuatnya mudah, cukup memasukkan biji Aiyu yang dibungkus kain tipis ke dalam wadah berisi 1,5 liter air mineral. Diamkan selama 30 menit, air di wadah itu akan mengental menjadi jelly yang bisa langsung dimakan.
Leisure Farm Taiwan Ini Sajikan Teh Panjang Umur
Tamu juga diajak melihat cara membuat mochi untuk kemudian dinikmati bersama sebagai penganan saat minum teh.Makanan enak, panorama alam, dan aktivitas yang seru menjadi kombinasi hiburan menyenangkan bagi setiap turis yang datang ke Long Yun. Jika berkunjung ke Taiwan, tak ada salahnya mendatangi lokasi yang berada di daerah pegunungan berhawa sejuk ini.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4664 seconds (0.1#10.140)