8 Cara Mudah Menurunkan Kadar Gula Darah secara Alami, Cukup Minum hingga Makanan Berserat

Minggu, 13 Agustus 2023 - 11:35 WIB
loading...
A A A
Makanan yang tinggi serat antara lain, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian utuh.

4. Cukup Minum

Minum cukup air dapat membantu menjaga kadar gula darah dalam kisaran yang sehat.

Selain mencegah dehidrasi, cukup minum membantu ginjal membuang kelebihan gula melalui urin.

Satu ulasan studi observasi menunjukkan bahwa mereka yang minum lebih banyak air memiliki risiko lebih rendah terkena kadar gula darah tinggi.

Minum air secara teratur dapat merehidrasi darah, menurunkan kadar gula darah dan mengurangi risiko diabetes.

5. Pilih makanan indeks glikemik rendah

Indeks glikemik (GI) mengukur seberapa cepat karbohidrat terurai selama pencernaan dan seberapa cepat tubuh menyerapnya. Ini memengaruhi seberapa cepat kadar gula darah naik.

GI membagi makanan menjadi GI rendah, sedang dan tinggi dan memberi peringkat pada skala 0–100. Makanan GI rendah memiliki peringkat 55 atau kurang.

Jumlah dan jenis karbohidrat yang dimakan menentukan bagaimana suatu makanan memengaruhi kadar gula darah. Secara khusus, mengonsumsi makanan rendah GI telah terbukti menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Beberapa contoh makanan dengan GI rendah hingga sedang, seperti yogurt Yunani tanpa pemanis, gandum, kacang polong, kacang-kacangan, sayuran non-tepung.

6. Mengelola tingkat stres

Stres dapat memengaruhi kadar gula darah. Saat stres, tubuh mengeluarkan hormon yang disebut glukagon dan kortisol, yang menyebabkan kadar gula darah meningkat.

Satu studi, termasuk sekelompok siswa menunjukkan bahwa olahraga, relaksasi dan meditasi secara signifikan mengurangi stres dan menurunkan kadar gula darah.

Olahraga dan metode relaksasi, seperti yoga dan pengurangan stres berbasis kesadaran juga dapat membantu memperbaiki masalah sekresi insulin di antara penderita diabetes kronis.

7. Pantau kadar gula darah

Memantau kadar glukosa darah dapat membantu mengelolanya dengan lebih baik. Caranya bisa dilakukan di rumah dangan menggunakan pengukur glukosa darah portabel, yang dikenal sebagai glukometer. Anda pun dapat mendiskusikan opsi ini kepada dokter.


8. Tidur berkualitas

Tidur yang cukup terasa sangat baik dan diperlukan untuk kesehatan yang baik. Sementara, kebiasaan tidur yang buruk dan kurang istirahat bisa memengaruhi kadar gula darah dan sensitivitas insulin, sehingga meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2049 seconds (0.1#10.140)