8 Cara Mudah Menurunkan Kadar Gula Darah secara Alami, Cukup Minum hingga Makanan Berserat

Minggu, 13 Agustus 2023 - 11:35 WIB
loading...
A A A
Manajemen gula darah sangat penting bagi penderita diabetes karena kadar gula darah yang tinggi secara kronis dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam anggota tubuh dan nyawa (1).

Berikut delapan cara mudah untuk menurunkan kadar gula darah secara alami seperti dilansir healthline pada Minggu (13/8/2023).

1. Olahraga secara teratur

Olahraga teratur dapat membantu mencapai dan mempertahankan berat badan sedang dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Sensitivitas insulin yang meningkat berarti sel-sel dalam tubuh dapat lebih efektif menggunakan gula yang tersedia dalam aliran darah.

Olahraga juga membantu otot menggunakan gula darah untuk energi dan kontraksi otot.

2. Kelola asupan karbohidrat

Asupan karbohidrat sangat memengaruhi kadar gula darah.

Tubuh memecah karbohidrat menjadi gula, terutama glukosa. Kemudian, insulin membantu tubuh menggunakan dan menyimpannya untuk energi.

Saat makan terlalu banyak karbohidrat atau memiliki masalah fungsi insulin, proses ini gagal dan kadar glukosa darah bisa naik.

Itu sebabnya American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan agar penderita diabetes mengatur asupan karbohidrat mereka dengan menghitung karbohidrat dan menyadari berapa banyak yang mereka butuhkan.

Beberapa penelitian menemukan bahwa ini dapat membantu Anda merencanakan makanan dengan tepat, yang selanjutnya meningkatkan pengelolaan gula darah.

Banyak penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan rendah karbohidrat membantu menurunkan kadar gula darah dan mencegah lonjakan gula darah.

3. Makan lebih banyak serat

Serat memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula sehingga meningkatkan kadar gula darah secara bertahap.

Ada dua jenis serat, yakni tidak larut dan larut. Meski keduanya penting, serat larut secara eksplisit terbukti meningkatkan pengelolaan gula darah, sedangkan serat tidak larut belum terbukti memiliki efek ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2295 seconds (0.1#10.140)