10 Suplemen yang Bisa Mengobati Asam Urat, Alami Hilangkan Nyeri Sendi

Minggu, 13 Agustus 2023 - 16:05 WIB
loading...
A A A

3. Ekstrak Bromelain


Bromelain adalah ekstrak dari tanaman nanas yang diyakini memiliki sifat anti inflamasi. Ini sering digunakan untuk mengobati radang sendi, sinusitis, dan jenis peradangan lainnya. Saat ini penelitian masih cukup terbatas. Di masa depan, penelitian lebih lanjut mengungkap manfaat bromelain untuk membantu penderita peradangan akibat asam urat.

4. Minyak Ikan


Para ahli sering merekomendasikan asam lemak omega-3, yang ditemukan dalam suplemen minyak ikan, untuk meningkatkan kesehatan jantung. Tapi suplemen ini juga bermanfaat bagi penderita asam urat karena mengurangi peradangan, ciri utama dari kondisi ini.

Beberapa jenis ikan mengandung bahan kimia tingkat tinggi yang disebut purin, yang dapat memperparah asam urat karena cenderung meningkatkan kadar asam urat. Tapi minyak ikan yang telah disuling tinggi seharusnya tidak mengandung purin.

5. Jahe


Jahe terkenal dengan khasiatnya efek anti inflamasi. Studi yang dirilis pada 2017 meneliti potensi penghilang rasa sakit dari jahe merah. Para peneliti menemukan bahwa kompres yang dibuat dengan jahe merah dapat mengurangi rasa sakit yang terkait dengan asam urat.

Namun, penelitian itu kecil dan sangat terbatas. Diperlukan lebih banyak penelitian tentang potensi jahe sebagai pengobatan asam urat.

6. Ekstrak Daun Jambu Biji


Jambu biji dikenal karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya. Beberapa orang beralih ke ekstrak daun jambu biji karena manfaatnya untuk sistem pencernaan dan sistem kekebalan tubuh. Beberapa riset menunjukkan bahwa ekstrak ini juga memiliki sifat anti asam urat.



7. Milk Thistle


Juga dikenal sebagai Silybum marianum, milk thistle telah dipelajari sebagai pengobatan untuk kerusakan hati yang disebabkan oleh beberapa pengobatan kanker. Penelitian pada 2016 menunjukkan bahwa hal itu juga berguna untuk menurunkan kadar asam urat.

Namun, diperlukan lebih banyak penelitian. Ini karena penelitian yang ada adalah penelitian pada hewan.

8. Kunyit


Banyak orang sudah mengandalkan suplemen kunyit untuk meredakan peradangan akibat radang sendi dan kondisi lainnya. Studi terbaru meneliti potensi anti asam urat dari kunyit. Studi ini terbatas, dan hanya efek pada tikus yang diselidiki.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2172 seconds (0.1#10.140)