Mengapa Orang Mudah Marah saat Mengantuk karena Kurang Tidur? Penelitian Temukan Hubungannya

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 05:50 WIB
loading...
A A A
Penelitian telah menunjukkan pula bahwa kurang tidur membuat seseorang kurang mampu menolak junk food.

Kualitas tidur yang buruk juga dapat mengganggu seberapa baik tubuh Anda merespons insulin, yang menyebabkan peningkatan nafsu makan dan obesitas.

"Seiring waktu, stres tinggi yang disebabkan oleh kurang tidur memengaruhi suasana hati," kata Dr. Gail Saltz, seorang profesor psikiatri di Rumah Sakit Presbyterian New York, Fakultas Kedokteran Weill-Cornell.

“Jadi depresi jangka panjang bisa menjadi masalah. Stres yang tinggi menyebabkan pelepasan kortisol, dan ini pada gilirannya berdampak pada tubuh melalui tekanan darah tinggi dan penurunan kognitif," lanjutnya.

Dr. Alex Dimitriu, pendiri Menlo Park Psychiatry & Sleep Medicine di Amerika menambahkan, tidur memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan otak. Ketika kita kurang tidur, otak juga tidak bisa mengatasinya.

“Tidur sangat penting bagi tubuh untuk bisa beristirahat. Tapi di sisi lain, penting juga untuk otak karena saat tidur, organ tersebut menyimpan ingatan ke dalam memori jangka panjang, dan memberi ruang untuk pembelajaran baru yang mungkin dilakukan keesokan hari," pungkas Dr. Alex Dimitriu.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1176 seconds (0.1#10.140)