5 Ciri-ciri Asam Urat di Pergelangan Kaki dan Cara Alami Mengobatinya

Kamis, 14 September 2023 - 05:00 WIB
loading...
A A A
5 Ciri-ciri Asam Urat di Pergelangan Kaki dan Cara Alami Mengobatinya

Foto/Infografis SINDOnews

Baca Juga: 7 Daun yang Bisa Menurunkan Asam Urat dengan Cepat, Nyeri Sendi Langsung Lenyap


Penyebab Asam Urat di Pergelangan Kaki



Asam urat di pergelangan kaki bisa disebabkan beberapa hal. Salah satunya hiperurisemia, kondisi di mana kadar asam urat dalam tubuh terlalu tinggi. Ketika kadar asam urat meningkat, gejala asam urat akan muncul. Ketika memecah purin, tubuh menghasilkan asam urat.

Kadar asam urat yang meningkat menyebabkan ginjal tidak dapat mengeluarkannya dari darah secara efektif. Ketika ini terjadi, asam urat mengendap di persendian dan jaringan lunak dalam bentuk kristal mikroskopis, tajam, dan seperti paku.

Sistem kekebalan merespons kristal asam urat dan menciptakan peradangan di sekitar area yang terkena. Faktor risiko tertentu meningkatkan terjadinya asam urat di pergelangan kaki, seperti halnya jenis kelamin, usia, kondisi medis tertentu, riwayat keluarga, obat-obatan tertentu dan gaya hidup.

Cara Mengobati Asam Urat di Pergelangan Kaki



Ada beberapa cara alami yang dapat membantu mengurangi rasa sakit. Seperti mengoleskan es yang dibungkus kain atau handuk beberapa kali sehari, terhidrasi dan menghindari minuman manis serta alkohol, mengangkat sendi yang terkena beberapa kali sehari, mengistirahatkan sendi, dan mengurangi atau mengelola stres.

(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2094 seconds (0.1#10.140)