5 Jenis Teh yang Ampuh Meredakan Sakit Tenggorokan

Jum'at, 29 September 2023 - 18:36 WIB
loading...
A A A
5 Jenis Teh yang Ampuh Meredakan Sakit Tenggorokan

Foto/Infografis SINDOnews



3. Teh Hijau

5 Jenis Teh yang Ampuh Meredakan Sakit Tenggorokan

Foto/Getty Images

Kaya akan sifat antioksidan dan anti-inflamasi, teh hijau adalah pilihan bagus lainnya jika Anda menderita sakit tenggorokan. Karena teh hijau memang mengandung kafein, tapi tidak disarankan meminumnya sepanjang hari jika Anda sensitif terhadap kafein.

Sebuah studi pada 2016 yang diterbitkan dalam Anesthesiology and Pain Medicine bahkanmenemukan bahwa pasien yang menjalani intubasi endotrakeal dan berkumur dengan larutan teh hijau pasca operasi mengalami penurunan rasa sakit.

Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian mengenai dosis dan rekomendasi untuk flu biasa, penelitian ini cukup menjanjikan sebagai pengobatan yang sederhana dan efektif untuk sakit tenggorokan. Namun, penting cara menyeduh teh hijau yang benar karena menyeduhnya secara berlebihan dapat membuat terasa pahit.

4. Teh Licorice

5 Jenis Teh yang Ampuh Meredakan Sakit Tenggorokan

Foto/Vaya

Meskipun ini bukan pilihan pertama dalam hal rasanya, penelitian menunjukkan bahwa teh licorice dapat membantu meringankan rasa sakit yang terkait dengan sakit tenggorokan. Penelitian yang diterbitkan di British Medical Journal menyatakan bahwa akar licorice dianggap sebagai obat penenang bersama ramuan lainnya untuk membantu meringankan rasa sakit yang berhubungan dengan sakit tenggorokan hingga 30 menit.

Namun, perlu sering dikonsumsi untuk membantu meredakan nyeri. Sebuah studi terbaru pada 2019 yang diterbitkan di Biomedicines menemukan bahwa teh akar licorice memberikan sifat antibakteri yang membantu meringankan rasa sakit yang terkait dengan sakit tenggorokan.

Meskipun para peneliti mencatat diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi temuan, ini merupakan langkah maju yang baik untuk mendukung penggunaan obat-obatan pelengkap untuk membantu orang-orang meredakan rasa sakit mereka.

5. Teh Peppermint

5 Jenis Teh yang Ampuh Meredakan Sakit Tenggorokan

Foto/Getty Images

Peppermint telah lama dipelajari untuk kegunaan pengobatannya, berkat potensi efek antioksidan, antimikroba, antikanker, dan antivirusnya pada tubuh manusia. Sebuah penelitian pada 2006 di Phytotherapy Research menunjukkan bahwa meskipun penelitian yang dilakukan pada manusia masih terbatas, manfaat antimikroba, antivirus, dan antioksidan teh peppermint cukup menjanjikan dan harus diteliti lebih mendalam.

Pusat Kesehatan Komplementer dan Itegratif Nasional berpendapat bahwa teh peppermint aman dan memberikan beberapa manfaat kesehatan. Ulasan pada 2021 mengeksplorasi semua potensi manfaat spesies mint. Apa yang ditemukan para peneliti serupa dengan temuan pada 2006.

Di mana kemampuan mint untuk membantu mengurangi peradangan dan infeksi yang disebabkan oleh beban mikroba dalam tubuh sangat kuat, namun uji klinis dan penelitian pada manusia hingga saat ini masih lemah (atau tidak ada sama sekali).
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1925 seconds (0.1#10.140)
pixels