Amankah Konsumsi Telur Setiap Hari? Waspada Dampaknya Jika Berlebihan

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 16:29 WIB
loading...
A A A

Konsumsi Telur Setiap Hari


Karena banyaknya manfaat yang telah dijelaskan di atas, maka apakah boleh konsumsi telur setiap hari? Sebenarnya tidak ada masalah untuk mengkonsumsi telur setiap hari asalkan tidak menderita penyakit kardiovaskular dan memiliki tingkat kolesterol tinggi.



Dilansir dari Harvard Health Publishing, rata-rata orang sehat kemungkinan besar tidak akan mengalami bahaya jika mengonsumsi hingga tujuh butir telur per minggu.

Sehingga dapat disimpulkan jika orang yang tidak memiliki masalah kesehatan akan aman untuk mengkonsumsi satu telur per harinya.

Dampak Konsumsi Telur Berlebihan


Bagi seseorang yang memiliki penyakit kardiovaskular atau mengidap kadar kolesterol tinggi maka perlu membatasi konsumsi telur, yakni hanya dua sampai tiga butir per minggu. Hal tersebut karena kuning telur mengandung lemak jenuh dan dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah.

Tingginya tingkat kolesterol dalam kuning telur jika dikonsumsi berlebihan dapat menimbulkan sejumlah penyakit berbahaya seperti jantung, dan diabetes tipe 2.

Selain memiliki riwayat kolesterol tinggi, orang yang berusia di atas 65 tahun juga sebaiknya tidak mengonsumsi telur setiap hari. Sebab, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kolesterol pada orang berusia 65 tahun lebih rentan terkena kolesterol.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2185 seconds (0.1#10.140)