5 Destinasi di Indonesia Paling Aman untuk Wanita

Minggu, 16 Juli 2017 - 02:23 WIB
5 Destinasi di Indonesia Paling Aman untuk Wanita
5 Destinasi di Indonesia Paling Aman untuk Wanita
A A A
JAKARTA - Traveling sendirian tidak lagi menakutkan bagi kaum perempuan. Mereka bisa menikmati liburannya dengan aman, tanpa harus bergantung dengan orang lain.

Mengutip Sociolla, ada 5 kota di Indonesia yang aman untuk dikunjungi wanita saat menjalani liburan sendirian.

1. Makassar, Sulawesi Selatan
Ssstt, apa Anda tahu, hampir setiap tahun, Makassar selalu masuk dalam daftar kota teraman dan ternyaman di Indonesia, lho. Berkunjung ke kota terbesar di pulau Sulawesi ini, Anda tak akan pernah kehabisan destinasi wisata menarik untuk dikunjungi.

Anda bisa mengunjungi wisata sejarah di Museum La Galigo dan Fort Rotterdam, menikmati sunset di Pantai Losari atau Pantai Akkarena, menjelajah pulau Kodingareng Keke atau Tanjung Bira, hingga mengagumi indahnya pegunungan karst Maros Pangkep atau air terjun Takapala. Jangan lupa juga untuk mencicipi kuliner asli Makassar, seperti Coto Makassar, Es Palu Butung, Pisang Ijo, atau Sop Konro.

2. Malang, Jawa Timur
Kota sejuk yang ada di Jawa Timur ini pernah menjadi tujuan wisata favorit para turis Eropa. Jadi tak heran, selain fasilitas pariwisatanya cukup lengkap, Anda juga akan melihat banyak sekali arsitektur khas kolonial Belanda di berbagai sudut kota.

Jika ke Malang, ada beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi, seperti Candi Singosari, Candi Badut, dan Candi Jago. Ada juga beberapa pantai cantik yang tak boleh dilewatkan, seperti pantai Gua China, pantai Segara Anakan, pulau Sempu, dan pantai Jelangkung.

Anda juga bisa mengunjungi museum Brawijaya, museum Malang Tempo Doeloe, atau museum Mpu Purwa. Nah, untuk yang ingin seru-seruan, bisa bergeser sedikit ke daerah Batu. Di sana ada Jatim Park, Secret Zoo, Batu Night Spectacular, dan masih banyak tempat wisata lain yang dikelilingi keindahan alam.

3. Solo, Jawa Tengah
Melihat masyarakatnya yang masih memelihara kearifan lokal dalam kesehariannya, tak heran kalau Solo dikenal aman untuk yang ingin traveling sendirian. Kalau Anda mencari destinasi wisata yang masih kental dengan nuansa budaya dan sejarah, jangan ragu untuk berkunjung ke kota Solo.

Mau tahu ada apa saja di sana? Ada Museum Keraton Surakarta dan Museum Purbakala Sangiran, Keraton Surakarta Hadiningrat dan Istana Mangkunegaran. Anda juga bisa main air di Pandawa Water World atau Royal Water Adventure. Mumpung lagi di Solo, coba juga kuliner khasnya, seperti serabi Notosuman, nasi liwet, atau nasi timlo.

4. Yogyakarta
Ini dia kota wisata kesayangan semua orang. Selain aman pergi ke sana ke sina sendirian, masyarakat Yogya juga dikenal sangat ramah. Jadi, Anda tak perlu khawatir kalau sedang butuh bantuan. Selain wisata dalam kota dan pantai yang populer di kalangan turis, banyak juga tempat wisata kekinian yang perlu dikunjungi. Ada Ketep Pass untuk mengagumi pemandangan Gunung Merbabu dan Merapi yang berdampingan.

Ada juga Umbul Ponggok untuk yang ingin hunting foto underwater tapi sambil berkemah atau naik motor. Anda juga bisa mampir ke Hutan Pinus Imogiri dan Kebun Buah Mangunan. Mau menikmati udara sejuk sambil selfie cantik dengan latar belakang pemandangan indah? Banyak tempat di Yogyakarta.

5. Bengkulu
Meski jarang terdengar namanya sebagai destinasi wisata, sayang sekali kalau Anda melewatkan kesempatan untuk traveling sendirian ke kota ini. Bengkulu berada di urutan kedua setelah Kota Serang sebagai kota teraman dalam penelitian Indeks Kota Islami, ternyata Bengkulu punya pesona alam yang sungguh indah untuk dinikmati.

Ada apa saja di sana? Ada Pulau Tikus jika Anda menyukai kegiatan snorkling. Ada juga Bukit Kaba atau Gunung Laba untuk menikmati panorama gunung dengan 8 kawah sekaligus. Anda juga bisa menikmati keindahan Danau Dendam Tak Sudah.

Di lokasi wisata dengan nama unik ini, Anda bisa naik rakit dan memancing sambil dikelilingi pemandangan indah. Jangan lupa, mampir juga ke rumah pengasingan Soekarno untuk belajar sejarah ya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8135 seconds (0.1#10.140)