Jadilah Saksi FFWI 2023: Siapa Sineas yang Berhasil Boyong Piala Gunungan?

Kamis, 26 Oktober 2023 - 14:22 WIB
loading...
Jadilah Saksi FFWI 2023: Siapa Sineas yang Berhasil Boyong Piala Gunungan?
Pengumuman peraih terbaik Piala Gunungan digelar di Gedung Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail (PPHUI), Jakarta pada 27 Oktober 2023.
A A A
JAKARTA - Pengumuman peraih Terbaik Piala Gunungan akan digelar pada acara puncak diselenggarakan di Gedung Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail (PPHUI), Jakarta pada 27 Oktober 2023.

Tahun ini, momen penyerahan Piala Gunungan akan dilakukan dua sesi, siang dan malam hari. Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XIII Tahun 2023 dilaksanakan pada hari Jumat, 20 Oktober 2023, melalui berbagai jaringan media sosial.

Dalam penyelenggaran FFWI tahun ini, Dewan Juri awal yang terdiri dari 21 wartawan di seluruh Indonesia harus bekerja keras menilai empat genre film: drama, komedi, horor dan laga. Dari setiap genre dipilih sembilan unsur, sehingga total minimal ada 36 unggulan yang akan diumumkan.

Direktur Bidang Penjurian FFWI, Tertiani ZB Simanjuntak, menjelaskan, proses penjurian terbagi dalam dua tahap. Pada tahap pertama, Dewan Juri Awal memilah-milah 128 judul peserta film Indonesia yang telah tayang di bioskop dan layanan video sejak 1 Oktober 2022 sampai dengan 30 September 2023.

Selanjutnya, para juri memilih total 78 judul film dari empat genre yang berbeda. Dari daftar tersebut, dewan juri awal lantas menentukan lima unggulan untuk sembilan unsur film yang dinilai dari setiap genre.

Menurut Tertiani, ternyata dalam praktek menilai film- film yang akan dijadikan unggulan tidak mudah. “Masing- masing anggota Dewan Juri yang semuanya berlatar belakang wartawan film menyampaikan argumentasi yang tajam, dan punya basis pengetahuan yang mumpuni," ungkap Tertiani.

Itulah sebabnya terkadang dia perlu memberi keterangan tambahan kepada Dewan Juri Awal yang berdebat. Hasilnya, tahun ini, aktor Vino G. Bastian kembali mendominasi daftar nominasi alias unggulan. Hal ini mengulangi sukses dua tahun sebelumnya.

Pada 2021, Vino diunggulkan untuk kategori aktor utama terbaik di genre komedi. Tahun berikutnya dia menyabet unggulan aktor utama di genre komedi dan drama. Tahun ini, Vino menjadi unggulan di tiga genre film sekaligus.

Oleh Dewan Juri Awal yang terdiri dari 21 wartawan seni, budaya dan film, Vino diunggulkan sebagai aktor utama terbaik untuk perannya di film bergenre horor ‘Qodrat’. Lantas di genre drama untuk peranan ‘Buya Hamka Vol.1’ dan di genre laga ‘Hitmen’.

Adapun untuk kategori aktris utama, nama Laura Basuki mencuat sebagai unggulan di tiga dari empat genre film yang dinilai. Aktingnya di film bergenre horor/thriller psychology ‘Sleep Call’, film dengan genre drama ‘Berbalas Kejam’ dan film komedi ‘Cek Toko Sebelah 2’ menjadikan aktris ini disebut-sebut sebagian kritikus film calon kuat pemenang Piala Gunungan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2702 seconds (0.1#10.140)