Jadilah Saksi FFWI 2023: Siapa Sineas yang Berhasil Boyong Piala Gunungan?

Kamis, 26 Oktober 2023 - 14:22 WIB
loading...
A A A
Tak ketinggalan,Sheninna kembali berpeluang meraih Piala Gunungan pada gelaran FFWI 2023 lewat Genre Komedi di film ‘Onde Mande’. Namun begitu, dalam daftar Unggulan kategori Aktris Utama terbaik Genre Komedi, Shenina Cinnamon harus bersaing ketat dengan empat nama aktris lainnya yakni Laura Basuki yang bagus aktingnya dalam film ‘Cek Toko Sebelah 2’, Clara Bernadeth di film ‘Ganjil Genap’, Syifa Hadju lewat film ‘200 Pound Beauty” dan Kenzia Alethia dalam film ‘Star Syndrom’.

Dalam film ‘Onde Mande’ arahan sutradara Paul Agusta, Shenina berperan sebagai Si Mar, gadis Minang yang tinggal di kawasan Danau Maninjau. Karena ini film tentang kearifan lokal Ranah Minang, Shenina mengakui agak kesulitan berdialog dalam bahasa Minang.

“Onde Mande bergenre komedi adalah film pertama komedi saya. Beda sih dengan film drama dalam cara berdialog, juga pendalaman karakter tokohnya. Saya ini orang yang mudah tertawa, beberapa re-take karena gak kuat menahan tawa semoga bisa memberi warna pada industri ,”ungkap Shenina.

Menariknya, penyelenggaran tahun ini genre laga pada penjurian tahun ini. Ajang ini memilih lima film untuk bertarung memperebutkan gelar terbaik dan perdana untuk genre laga. Film-film penuh aksi ‘Ashiap Man’, ‘Hitmen’, ‘Sri Asih’, ‘The Big 4’ dan ‘Virgo and the Sparklings’ masuk dalam daftar unggulan yang diumumkan pada Jumat, 20 Oktober 2023.

Menurut Tertiani, pada tahun-tahun sebelumnya, genre laga tidak dipertandingkan sebab jumlah produksinya tidak memenuhi ketentuan penjurian; yaitu batas minimal lima judul film untuk setiap genre yang ada. “Kami mencatat kebangkitan film-film laga nasional selama setahun terakhir yang sangat memperhatikan kualitas produksi dengan beragam premise yang menarik. Kami berharap film-film pilihan juri ini dapat menambah khazanah tontonan bagi para pecinta film Indonesia,” ujarrnya.

Dalam unggulan genre film laga FFWI 2023, nama Anggy Umbara berada di tiga daftar unsur sebagai Penulis Skenario Terbaik, Sutradara Terbaik, dan sebagai produser Umbara Brothes bekerjasama dengan MD menyandang Unggulan Film Terbaik. “Sebuah kehormatan dan kebanggaan tersendiri film-film karya kami Khanzab, genre horror, dan genre laga bersama Hitmen masuk nominasi pada berbagai kategori di FFWI bersama banyak film film keren lainnya,” ungkap sutradara yang memborong Sembilan Piala Gunungan dari FFWI 2021 untuk film ‘Sabar Ini Ujian’.

Seperti tahun sebelumnya, panitia juga telah membentuk Dewan Juri Akhir yang terdiri dari lima penggiat dan kritikus film untuk memilih peraih anugerah Piala Gunungan.

Salah satu juri akhir, jurnalis film senior Ilham Bintang, yang juga produser film kolosal Fatahillah bergabung sebagai juri akhir tahun ini di tengah-tengah aktivitasnya sebagai Ketua Dewan Pertimbangan PPPFI. Ilham, yang juga anggota Komite Seleksi Film Indonesia untuk Piala Oscar memiliki jejak pengalaman yang panjang sebagai juri untuk berbagai festival film.

“Juri Akhir akan mengutamakan diskusi di antara kami dalam menilai seluruh unggulan pemenang yang telah disusun oleh Juri Awal,” ujar Ilham.

Sebelumnya Direktur PMM, Dirjen Kebudayaan, Kemendikbud Ristek, Ahmad Mahendra, mengatakan, FFWI 2023 turut membantu mempromosikan budaya dan pendidikan film. “FFWI yang penjuriannya dilakukan oleh wartawan peliput perfilman terbebas dari vested interest dalam penilaiannya,” tegasnya. Di tahun ini, FFWI masih bermitra utama dengan Direktorat Perfilman, Musik dan Media (PMM), Dirjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Riset dan Teknologi (Ristek).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1540 seconds (0.1#10.140)