4 Cara Menghilangkan Ketombe Tanpa Shampo

Jum'at, 13 Oktober 2017 - 18:31 WIB
4 Cara Menghilangkan Ketombe Tanpa Shampo
4 Cara Menghilangkan Ketombe Tanpa Shampo
A A A
JAKARTA - Ketombe umumnya disebabkan karena kondisi kepala yang terlalu lembab, menggunakan produk perawatan yang kurang tepat hingga malas keramas. Kondisi ini kerap membuat mereka yang mengalaminya merasa kurang percaya diri karena mengganggu penampilan.

Meski demikian, ketombe bisa diatasi dengan mudah. Berikut 4 cara menyingkirkan ketombe tanpa menggunakan shampoo, seperti dikutip Sociolla.

1. Tea tree oil
Kandungan antiseptik di dalamnya mampu menjaga kulit kepala agar tetap bersih dan bebas ketombe. Anda hanya perlu mengoleskan sedikit minyak alami ini ke bagian kulit kepala dan mendiamkannya selama 3 – 5 menit. Setelah itu, bilas dan lanjutkan dengan keramas. Untuk hasil maksimal, lakukan satu sampai dua kali dalam seminggu hingga bebas dari ketombe.
4 Cara Menghilangkan Ketombe Tanpa Shampo

2. Cuka apel
Cairan fermentasi apel ini memiliki kandungan anti jamur alami yang efektif dalam membasmi ketombe. Ditambah kadar pH yang seimbang yang dapat mencegah pertumbuhan jamur lebih lanjut.

Caranya, Anda bisa mengoleskan cuka apel yang sudah dicampur dengan air ke bagian kulit kepala. Pijat-pijat dan ratakan hingga ke seluruh kepala. Diamkan selama kurang lebih 2-3 menit, bilas rambut sampai bersih, lalu lanjutkan dengan keramas.
4 Cara Menghilangkan Ketombe Tanpa Shampo

3. Obat kumur
Kandungan menthol, thymol, eucalyptol, dan methyl salicylate pada obat kumur bersifat sebagai antijamur, antiseptik, serta antiperadangan yang bisa mengurangi ketombe.

Cara mengaplikasikannya mudah, cukup basahi kulit kepala dengan cairan obat kumur dan diamkan selama dua sampai tiga menit. Bilas dengan air mengalir hingga tak ada lagi sisa obat kumur yang tertinggal.

Namun, sebelum melakukan hal ini pastikan Anda tidak memiliki kulit kepala yang sensitif atau sedang terluka. Pasalnya, kadar alkohol dalam obat kumur dapat menimbulkan rasa perih yang sangat menyengat pada luka, serta memperparah kondisinya.
4 Cara Menghilangkan Ketombe Tanpa Shampo

4. Jeruk nipis
Bahan alami yang satu ini diketahui memiliki kandungan vitamin C yang cukup efektif mengontrol minyak di kulit kepala. Seperti diketahui, produksi minyak di kulit kepala secara berlebih menjadi salah satu faktor yang menyebabkan timbulnya ketombe. Untuk mengaplikasikannya, Anda hanya perlu mengoleskan perasan air jeruk nipis segar ke seluruh bagian kulit kepala.

Diamkan selama 20 – 30 menit hingga cairan meresap, lalu bilas dengan air hingga bersih. Keringkan rambut dengan handuk bersih atau keramas untuk memastikan tidak ada residu dari perasan jeruk nipis yang tertinggal.
4 Cara Menghilangkan Ketombe Tanpa Shampo
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4635 seconds (0.1#10.140)