Cara Memasak Ikan Paling Sehat, Menggoreng Pilihan Terburuk

Minggu, 12 November 2023 - 07:28 WIB
loading...
A A A
Baik merebus atau mengukus tidak menambahkan minyak atau lemak pada ikan, jadi menggunakan metode ini tidak akan menambah kalori atau mengubah lemak pada ikan Anda.

Perburuan dan pengukusan juga memasak ikan pada suhu yang sedikit lebih rendah dibandingkan metode lainnya, sehingga membantu menjaga nutrisi dan diperkirakan meminimalkan pembentukan bahan kimia berbahaya seperti HA dan PAH.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa semakin lama waktu memasak yang diperlukan untuk mengukus ikan dapat meningkatkan jumlah produk oksidasi kolesterol. Ini adalah senyawa yang berpotensi berbahaya yang terbentuk ketika kolesterol dipanaskan.

Namun, mengukus dan merebus dianggap menyehatkan, karena suhu yang lebih rendah dan kurangnya lemak untuk memasak membantu menjaga asam lemak omega-3 yang bermanfaat dalam ikan lebih baik dibandingkan metode memasak lainnya.

4. Microwave

Oven microwave memasak makanan menggunakan gelombang energi. Gelombang ini berinteraksi dengan beberapa molekul dalam makanan, menyebabkannya bergetar, sehingga memanaskan makanan.

Cara memasak seperti ini mungkin kontroversial karena sebagian orang percaya bahwa memasak dengan microwave dapat mengurangi nutrisi dalam makanan. Namun, microwave adalah metode memasak yang cepat dan bersuhu relatif rendah.

Oleh karena itu, metode memasak ini sebenarnya dapat mempertahankan beberapa nutrisi dengan lebih baik dibandingkan metode memasak lainnya. Faktanya, banyak penelitian menemukan bahwa ikan yang dimasak dengan microwave dapat membantu mencegah hilangnya asam lemak omega-3 yang sehat.


Lalu, cara mana yang harus dipilih?

Ikan adalah makanan sehat yang merupakan tambahan yang bagus untuk diet apa pun. Namun jenis ikan, cara memasak, lama waktu memasak, dan minyak goreng yang Anda gunakan semuanya dapat memengaruhi profil nutrisi ikan Anda.

Secara keseluruhan, metode memasak paling sehat membatasi hilangnya lemak omega-3 yang sehat, mempertahankan sebagian besar nutrisi dan meminimalkan pembentukan senyawa berbahaya.

Secara umum, ini berarti microwave, memanggang, mengukus dan merebus ikan adalah pilihan terbaik. Di sisi lain, menggoreng ikan adalah metode memasak yang paling tidak menyehatkan.
(tdy)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2284 seconds (0.1#10.140)