Cara Memasak Ikan Paling Sehat, Menggoreng Pilihan Terburuk

Minggu, 12 November 2023 - 07:28 WIB
loading...
A A A

2. Menggoreng

Menggoreng adalah metode memasak bersuhu tinggi yang menggunakan lemak panas.

Menggoreng melibatkan merendam makanan dalam jumlah besar lemak, sedangkan menggoreng menggunakan jumlah lemak yang jauh lebih kecil dalam wajan, wajan, atau panci.

Selama menggoreng, ikan akan menyerap sebagian lemaknya, meningkatkan kandungan kalorinya dan mengubah jenis lemak yang dikandungnya.

Memasak ikan dengan minyak, seperti minyak sayur, yang mengandung asam lemak omega-6 dalam jumlah tinggi dapat meningkatkan kandungan omega-6 inflamasi.

Hal ini terbukti lebih banyak terjadi pada ikan yang digoreng daripada digoreng, karena jumlah minyak yang digunakan lebih banyak. Secara umum, ikan tanpa lemak juga cenderung menyerap lebih banyak minyak dibandingkan ikan berlemak.

Suhu tinggi saat menggoreng juga lebih merusak asam lemak omega-3 yang sehat pada ikan dibandingkan metode memasak lainnya.

Nutrisi lain mungkin juga berisiko. Pada sebuah penelitian menemukan bahwa menggoreng salmon mengurangi jumlah vitamin D yang dikandungnya hingga setengahnya.

Secara keseluruhan, menumis dianggap lebih sehat dibandingkan menggoreng karena jumlah minyak yang digunakan lebih sedikit. Selain itu, sebaiknya pilih minyak yang stabil pada suhu tinggi dan akan menambah lemak sehat pada ikan Anda. Minyak zaitun adalah salah satu pilihan yang sehat.

3. Rebus dan Kukus

Merebus dan mengukus adalah metode memasak yang menggunakan air atau cairan lain selama proses memasak.

Perburuan melibatkan merendam ikan Anda dalam cairan seperti air, susu, kaldu atau anggur saat memasak di oven.

Mengukus sering kali dilakukan dalam panci atau alat yang dirancang khusus, dan menggunakan air panas yang diuapkan untuk memasak ikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1520 seconds (0.1#10.140)