Hujan, Waspada Kutu Air

Senin, 23 Oktober 2017 - 08:19 WIB
Hujan, Waspada Kutu Air
Hujan, Waspada Kutu Air
A A A
JAKARTA - Hujan yang terus mengguyur setiap hari menyebabkan munculnya genangan air dan banjir di sejumlah wilayah. Kondisi ini pun meningkatkan risiko penyakit kulit seperti kutu air yang harus terus diwaspadai.

Kutu air merupakan kondisi yang disebabkan oleh bakteri, virus serta jamur. Dijelaskan dr Eddy Karta, SpKK dari Edmo Clinic, kutu air biasanya menyerang sela-sela jari dan muncul akibat terkena air hujan.

"Gejalanya timbul rasa gatal di jari-jari atau telapak kaki. Rasa gatal seperti melepuh, kulit yang mengelupas terutama di jari kaki dan telapak kaki, kulit kering dibagian bawah atau sisi samping kaki serta kuku kaki yang tebal dan rapuh," papar dr Eddy.

Saat musim hujan, dr Eddy pun menyarankan untuk menjaga sela-sela jari tetap kering. Apabila harus terkena air, sebaiknya seka kaki atau keringkan kaki setelah terkena air. Hindari juga menggunakan sepatu yang terlalu ketat sehingga jari kaki menjadi lembab.

Pasalnya, jamur mudah tumbuh subur dalam keadaan lembab. "Sebaiknya pakai sepatu dengan bahan yang dapat menyerap keringat dan tidak terlalu rapat," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0554 seconds (0.1#10.140)