Minum Teh Hitam Tiap Hari Bisa Mengurangi Risiko Diabetes

Minggu, 26 November 2023 - 07:09 WIB
loading...
A A A
“Katekin, polifenol (AKA antioksidan) yang ditemukan dalam teh telah terbukti bertanggung jawab atas regulasi insulin, gula darah, dan metabolisme energi dengan mengatur jalur sinyal,” jelasnya.

Studi tersebut menunjukkan bahwa minum teh hitam dapat berkontribusi terhadap penurunan risiko diabetes karena dua alasan. Pertama, meningkatkan resistensi insulin yang berarti lebih mampu mengontrol gula darah.

Kedua, hal ini berkontribusi pada peningkatan ekskresi glukosa dalam urin Anda, yang berarti gula darah menjadi lebih sedikit untuk dikontrol.

Ahli gizi Harry Snell yakin hal ini disebabkan oleh kandungan polifenol dalam teh hitam. Ia menjelaskan bahwa efek hipoglikemik senyawa polifenol dapat menghambat pencernaan karbohidrat, penyerapan glukosa, dan stimulasi sekresi insulin, yang semuanya mengarah pada kontrol gula darah yang lebih baik.


Apa sebenarnya teh hitam itu?

Penting untuk diingat bahwa penelitian ini mengamati efek teh hitam secara spesifik. Ini adalah jenis teh teroksidasi penuh yang tidak sama dengan teh hitam.

“Teh hitam telah mengalami fermentasi mikroba. Disebut 'gelap' karena daunnya teroksidasi dan berubah warna, mirip seperti proses karat pada besi,” tuturnya.

Minumlah teh hitam setiap hari, tetapi penting untuk mempertimbangkan pola makan secara keseluruhan, terutama dalam hal pengendalian gula darah.
(tdy)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2037 seconds (0.1#10.140)