Hanung Bramantyo Idap Anemia hingga Harus Dirawat, Apa Bedanya dengan Darah Rendah?

Sabtu, 09 Desember 2023 - 22:52 WIB
loading...
A A A
Yasjudan menambahkan, ada beberapa penyebab anemia. Antara lain kurang zat besi, kurang asam folat, hemoglobin hilang dengan cepat, penyerapan zat besi dan asam folat terganggu, serta gangguan sumsum tulang belakang.

“Setiap penyebab memiliki penanganan yang berbeda sehingga perlu pemeriksaan dokter untuk memastikan penyebab anemia seseorang,” terang dr. Yasjudan.

Menurut penjelasan dr. Yasjudan, anemia berbeda dengan darah rendah. Darah rendah merupakan kondisi di mana tekanan darah seseorang ada di bawah standar. Sedangkan anemia adalah kondisi rendahnya kadar hemoglobin di dalam darah.

Ada beberapa kondisi pendarahan terjadi di bagian tubuh tertentu seperti mimisan dan keluarnya darah saat BAB. Kondisi tersebut memiliki potensi sebagai penyebab seseorang kekurangan hemoglobin, tetapi belum tentu semua kondisi pendarahan akan berakibat pada anemia.

“Seseorang perlu segera memeriksakan dirinya ke dokter apabila merasakan gejala 5L. Kadar hemoglobin akan diukur melalui tes laboratorium,” ungkapnya.

Standar hemoglobin normal pada pria adalah 13, wanita 12, dan wanita hamil 11. Jika kadar hemoglobin masih berada di antara 9-10, pengobatan yang dilakukan adalah penambahan suplemen.

“Tetapi jika turunnya kadar hemoglobin mencapai 5-7, penambahan darah harus dilakukan,” jelas dr. Yasjudan.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4039 seconds (0.1#10.140)