WHO Teliti Temuan Mikroplastik Dalam Air Minum Kemasan

Sabtu, 17 Maret 2018 - 22:30 WIB
WHO Teliti Temuan Mikroplastik Dalam Air Minum Kemasan
WHO Teliti Temuan Mikroplastik Dalam Air Minum Kemasan
A A A
JAKARTA - Maraknya pemberitaan temuan mikroplastik dalam air minum kemasan membuat World Health Organization (WHO) langsung turun tangan dengan menganalisa dampak mikroplastik dalam air minum kemasan itu.

"Ketika kita memikirkan komposisi plastik, apakah ada toksik atau tidak, sejauh apa hal ini bisa membawa konstituen berbahaya, apa yang bisa dilakukan partikel dalam tubuh - masih sedikit studi yang bisa memberi tahu kita," kata Koordinator WHO Bruce Gordon seperti dilansir BBC.

Pada dasarnya WHO mengatakan air kemasan memiliki batas aman, meski demikian tetap dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui seberapa berbahaya kandungan tersebut.

"Untuk mendefinisikannya, kita harus mengerti dulu apakah sesuatu itu berbahaya dan apakah ada konsentrasi pada air yang berbahaya," kata Gordon.

Sementara, salah satu peneliti yang terlibat dalam temuan mikroplastik, Profesor Sherri Mason menjelaskan beberapa partikel yang ditemukan cukup besar melebihi dari rambut manusia. Meski partikel berukuran besar akan terbuang, namun partikel halus bisa menembus dinding saluran cerna.

"Beberapa partikel plastik ini sangat-sangat halus sehingga mereka bisa melewat saluran cerna, menembus dindingnya dan terbawa ke seluruh tubuh. Kita masih belum tahu dampak apa yang bisa terjadi pada berbagai organ dan jaringan kita," jelas Prof Sherri.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3721 seconds (0.1#10.140)