7 Fakta Menarik Angpao Imlek, Bisa Diberikan via Transfer?

Kamis, 08 Februari 2024 - 18:18 WIB
loading...
A A A

4. Gunakan Uang Baru yang Rapi

Pada tradisi pemberian angpao, ada beberapa aturan yang biasa dipatuhi. Misalnya memilih uang baru dan bersih sebagai isinya.

Mengutip China Highlights, memberi uang lama atau bahkan rusak pada angpao bisa diartikan sebagai tanda tidak hormat. Maka itu, tak heran jika masyarakat Tionghoa akan mengunjungi bank dan menarik uang baru menjelang Imlek.

Namun, seiring perkembangan zaman banyak juga masyarakat yang mulai bertukar angpao secara virtual. Dalam hal ini, mereka biasa memanfaatkan fitur transfer melalui mobile banking ataupun e-wallet.

5. Menghindari Angka 4

Pada budayanya, masyarakat Tionghoa sangat memperhatikan pemilihan angka. Kondisi ini juga berlaku bagi pemilihan nominal isi angpao yang akan diberikan.

Sebagai contoh, pemberian lebih baik untuk menghindari angka 4, karena dianggap mirip dengan kematian. Sebagai ganti, dapat gunakan angka 8 karena melambangkan kekayaan dan kesuksesan.

6. Tak Hanya untuk Anak-Anak

Angpao tidak hanya diperuntukkan bagi anak-anak. Orang dewasa pun berhak menerima amplop merah tersebut.

Jadi, angpao ini juga dapat diberikan kepada teman, keluarga hingga kolega. Bedanya mungkin terletak pada nominal yang disesuaikan dengan status kedekatannya.

7. Bisa Diberikan di Momen Selain Imlek

Tak bisa dipungkiri bahwa angpao sangat identik dengan perayaan Imlek. Kendati begitu, amplop merah ini ternyata juga bisa muncul pada momen atau acara lain.

Tak berbeda jauh, tujuannya adalah sebagai sarana berbagi keberuntungan dan berkah. Misalnya diberikan sebagai hadiah kelahiran atau pernikahan.

Itulah sejumlah fakta menarik terkait angpao Imlek yang bisa diketahui. Semoga bermanfaat.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2142 seconds (0.1#10.140)