Dorong Lagu Batak Dicintai Penikmat Musik Tanah Air lewat Batak Bernyanyi

Kamis, 14 Maret 2024 - 17:36 WIB
loading...
Dorong Lagu Batak Dicintai Penikmat Musik Tanah Air lewat Batak Bernyanyi
Para peserta ajang Batak Bernyanyi yang antusias warnai musik Tanah Air.
A A A
JAKARTA - Kesuksesan lagu-lagu berbahasa Jawa di pentas musik nasional menggerakan sejumlah penyanyi dari Tanah Batak untuk mempopulerkan lagu-lagu khas daerah mereka. Tujuannya supaya lagu-lagu Batak juga terus disukai oleh penikmat musik di Tanah Air.

Berawal dari kegelisahan sejumlah penyanyi Batak seperti Tobing, Novita Dewi dan Alex Rudiart, tercetuslah ide untuk mempolerkan lagu-lagu Batak lewat ajang pencarian bakat yang mengusung tajuk Batak Bernyanyi.

Posan Tobing mengatakan, dirinya kerap sedih melihat banyak kualitas vokal bagus dari Tanah Batak, namun lagu-lagu Batak sendiri tidak terlalu populer di industri musik Tanah Air.

"Suka nyesek lho kalau ke warung atau lapo, itu yang nyanyi suaranya bagus-bagus. Makanya kami di sini menyiapkan panggung untuk mereka yang bagus menyanyikan lagu daerah. Kita cari baik dari offline maupun online, itu banyak banget," kata Posan Tobing dalam jumpa pers di bilangan Bekasi, belum lama ini.

Alhasil dari ribuan orang yang mendaftar, Posan menyebut 70 persen dari mereka memang bisa nyanyi. Namun namanya kompetisi, harus terus diseleksi dan dikerucutkan sampai nantinya keluar juara 1,2 dan 3 yang diharapkan bisa mewarnai industri nasional dengan lagu-lagu khas Batak.

“Kalau di Tanah Jawa ada Denny Caknan, Happy Asmara, mungkin lewat Batak Bernyanyi kita juga bisa menemukan talenta itu," katanya.

Istri penyanyi Alex Rudiart ini menambahkan, dirinya sangat optimistis lagu lagu Batak akan naik daun seperti halnya lagu Jawa apabila ada musisi-musisi yang serius menekuninya.

“Ini bukan untuk persaingan dengan suku lain. Visi misinya untuk membangkitkan potensi daerah di kancah nasional," ujar penyanyi pop batak legendaris Jack Marpaung ini.

Dari ribuan pendaftar, saat ini sudah mengerucut menjadi 14 peserta. Mereka siap memperebutkan juara 1, 2 dan 3 sekaligus akan tampil di Smart Bar Coffe, Jakarta Timur.

“Kami mencari penyanyi yang kita anggap mumpuni untuk kita orbitkan. Kita juga belum tahu mana saja dari 14 penyanyi ini. Tapi juara 1,2,3 sudah pasti dapat hadiah rekaman," beber Posan Tobing.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2053 seconds (0.1#10.140)