Atasi Anak Kecanduan Gadget, Mainan Edukasi Bisa Menjadi Solusi

Sabtu, 23 Maret 2024 - 15:00 WIB
loading...
Atasi Anak Kecanduan Gadget, Mainan Edukasi Bisa Menjadi Solusi
Mainan edukasi anak penting untuk membantu mengembangkan sensori dan motorik anak. (Foto: Doc. Istimewa)
A A A
JAKARTA - Ketergantungan atau kecanduan anak anak pada gadget menjadi hal yang menjadi kekhawatiran dan keprihatinan bagi orangtua karena berdampak pada tumbuh kembang anak-anak.

Meskipun dianggap lebih efektif untuk membuat anak lebih tenang saat bermain, tak bisa dipungkiri penggunaannya yang berlebihan juga tidak baik untuk tumbuh kembang sensori dan motori anak.

Oleh karenanya orangtua dinilai membutuhkan mainan edukasi anak sebagai teman orangtua dalam rangka mengembangkan sensori dan motorik anak.

Founder Fox And Bunny Novia Candra Dewi mengatakan bahwa melatih sensori anak itu penting karena sebagai fondasi anak sampai dewasa. "Sekarang ini viral banyak masalah bermunculan yang ternyata ketika di flashback masalah sensori dan motorik kurang terencourage ketika masih balita jadi ini memang fondasi penting bagi anak anak, "ucapnya.

Menjawab tantangan dan peluang kebutuhan akan mainan edukasi anak yang berkualitas dengan harga terjangkau, Novia lewat Fox And Bunny menekankan bahwa concern utamanya untuk memfasilitasi orangtua mendampingi anak di masa tumbuh kembang agar lebih optimal.

“Kami berusaha menjadi teman orang tua usia anak 0-5 tahun atau kami sebut tools atau alat aktifitas membantu orangtua dan disitu titik berat aktifitas untuk anak anak didalam ada sensori dan motorik secara alami untuk berinteraksi dengan dunia nyata sehingga meminimalkan anak anak terpapar dengan gadget,” ujar Novi kepada SINDOnews.com di sela-sela pembukaan cabang kedua Fox And Bunny di Kota Kasablanka, Sabtu (23/3/2024)

Novi sapaan akrabnya mengungkapkan bisnis mainan edukasi yang dijalankan ini berawal dari ide bisnis sederhana yang diinspirasi oleh pengalaman pribadinya yang memiliki anak berusia 2 tahun yang kecanduan atau ketergantungan pada gadget.

“Sebetulnya Fox And Bunny ini ada karena pengalaman saya punya anak ketergantungan pada gadget. Makanya, orangtua harus bijak memberikan gadget kepada anak. Dahulu saya pernah seperti itu, lalu saya mencari cara dan referensi dan salah satu disukai dengan quiet booking (luar negeri) dan busy book (Indonesia) jadi best seller banyak aktifitas memancing kreatifitas anak,” jelasnya.

Novi juga sadar bahwa saat itu banyak orangtua yang masih bingung mencari jalan keluar bagi anak-anak mereka dalam melepaskan kebiasaan bermain gadget. Dari hal inilah ia kemudian ingin berbagi dan menciptakan solusi bagi problema tersebut dalam bentuk permainan aktivitas yang ditemukannya.

“Alhamdulillah anak saya suka dan lepas dari gadget sama sekali. Karena semangat berbagi, maka saya pasarkan dengan merek Fox and Bunny. Kami dan team berusaha menghadirkan kualitas terbaik dengan harga terjangkau,” sambung Novi.

Dia menjelaskan bahwa kelebihan produk ini atraktif dan interaktif, menurut Novi desain warga dan aktivitas sudah disesuaikan dengan kebutuhan syaraf sensorik, motorik dan visual anak, bisa dicuci dan awet.

“Semoga produk kami bisa membantu meringankan permasalahan orangtua masa kini yang tidak hanya mengikuti tren semata dan semoga semua bisa mengambil manfaat dari hadirnya kami, dan misi kami bagi tumbuh kembang anak yang lebih dan lebih sehat bisa tersampaikan dengan baik kepada semua pelanggan kami,” harapnya.

Dalam kesempatan sama, Influencer Parenting Dwi Handa mengungkapkan dengan adanya pembukaan toko Fox And Bunny ini tentunya bisa membuat anak lebih sering bermain dengan tools atau alat yang bisa mengasah kreatifitas.

“Aku percaya kalo anak sejak dini dikenalkan buku dan mainan bisa kasih anak itu membantu anak berpikir logis dan tumbuh optimal jadi memang harus kurangi bermain gadget kalo bermain itu tidak ada waktu bisa kapan saja yang penting bukan media namun sama siapa dia bermain,” tuturnya.

Dia berharap Fox And Bunny bisa menjadi one stop solution untuk orangtua yang mencari kebutuhan anak gak cuman kembangkan kebutuhan mainan dan clothing namun kebutuhan lain untuk membantu orang tua melatih tumbuh kembang anak.

Dalam menjalankan bisnis Fox and Bunny selama lima tahun belakangan,Novi juga tak lupa mengembangkan produk-produk mainan yang melibatkan keaktifan dan kreativitas anak. Di antaranya adalah Ensiklomat, sebuah permainan ular tangga yang berlatar sejarah dan pengetahuan umum tentang Indonesia dan dunia.

Ada pula kaus tulis, lengkap dengan alat tulis dan gambar yang bisa digunakan anak untuk menghias kaus serta permainan Wooden Stack yang mampu merangsang imajinasi si kecil.

Tak ketinggalan, Fox and Bunny juga menyediakan kebutuhan anak lainnya, seperti Masker Anak, Growth Chart, Swaddle alias kain bedong, Fluffy dan Wooden Teether, serta Sajadah dengan desain menarik.

Ke depan, dari segi branding, ia berencana untuk terus mengukuhkan brand Fox and Bunny sebagai pelopor Busy Book Pertama di Indonesia dan menjadi yang terdepan dalam produk aktivitas anak.

Sebagai informasi, Fox and Bunny merupakan sebuah brand lokal yang memproduksi mainan aktivitas dan edukasi anak yang dijual untuk anak usia 0-5 tahun dengan range harga Rp50 ribu sampai Rp1 Juta. Usaha ini dirintis Novia Candra Dewi, seorang pebisnis lokal sejak tahun 2016 di Kota Sleman, Yogyakarta.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1163 seconds (0.1#10.140)